Gubernur Kalbar Pimpin Rakor Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Kijing

Gubernur Kalbar Pimpin Rakor Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Kijing

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memimpin rapat koordinasi perkembangan pembangunan Pelabuhan Internasional Kijing bersama Staf Ahli Menko Polhukam Bidang Ketahanan Nasional Marsekal Muda TNI Achmad Sajili. Rakor ini turut dihadiri oleh Pimpinan PT. Pelindo II Pontianak, Kepala Kantor KSOP Kelas II Pontianak, serta kepala OPD terkait.

Sutarmidji mengatakan, Pelabuhan Internasional Kijing dapat mengubah kondisi perekonomian di Kalbar dan berdampak pada PDRB Kalbar menjadi urutan ke-2 di wilayah Kalimantan.

“Pembangunan Pelabuhan Kijing memang sudah lama didambakan karena bisa mengubah data kondisi perekonomian di Kalbar. Selama ini PDRB Kalbar menempati urutan ke-4 dari 5 provinsi di wilayah Kalimantan. Namun, Pelabuhan Kijing bisa membawa Kalbar menempati urutan ke-2 karena seluruh kegiatan ekspor di provinsi ini sudah melalui pintu ekspor Kalbar,” kata Midji di Ruang Rapat Praja 1 Kantor Gubernur Kalbar, Kamis, 5 Agustus 2021.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kalbar Online (@kalbaronline)

Sebelumnya produk domestik regional bruto (PDRB) Kalbar selalu menempati posisi keempat untuk wilayah Kalimantan. Hal ini disebabkan ekspor minyak sawit mentah (CPO) sebanyak 2,68 juta – 4 juta ton per tahun tidak tercatat di Kalbar karena diekspor melalui daerah luar Kalbar.

Baca Juga :  Ria Norsan Tegaskan Pemkab Mempawah Siap Anggarkan Pembangunan Gereja Representatif

“Sekarang sudah bisa langsung diekspor melalui Pelabuhan Kijing, sehingga tercatat di Kalbar. Data statistik mencatatkan angka 133% dari sektor perkebunan hingga bulan ini,” lanjut H.Sutarmidji.

Baca Juga :  Ketua PMI Kalbar Ucapkan Terima Kasih kepada Gubernur Atas Pembangunan Gedung Baru PMI

Dalam proses pembangunan Pelabuhan Kijing, PT. Pelindo II diminta untuk selalu berkoordinasi dengan Pemprov. Kalbar agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

“Pembangunan antara dermaga dengan fasilitas darat tidak seimbang, sehingga bisa menimbulkan masalah. Hal ini yang harus segera dibenahi,” pinta Gubernur Kalbar.

Selain CPO, alumina juga menjadi salah satu ekspor unggulan Kalbar. Pembangunan smelter diharapkan dapat menghemat devisa negara.

“Ekspor bauksit mencapai 2,5 juta ton per tahun. Bauksit mengandung logam tanah jarang yang menjadi komponen penting untuk penyempurna produk teknologi,” jelas orang nomor satu di Kalbar. (Ril)

Comment