by

Fabio Quartararo Juara, Peluang Rossi Naik Podium ke-200 Sirna

KalbarOnline.com-Bintang Petronas Yamaha Fabio Quartararo secara mantap menjadi juara GP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo hari ini (27/9).

Quartararo yang menempati posisi start kedua membalap dengan sangat solid dan mampu melarikan diri sejak awal race.

Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli gagal finis kedua. Saat balapan menyisakan dua lap, dia ditikung oleh Joan Mir dari Suzuki Ecstar. Nahas, Morbidelli juga disalip oleh rekan setim Mir, Alex Rins yang akhirnya sukses finis ketiga.

Mir memang sangat konsisten. Dalam tiga balapan terakhir, dia selalu berada di podium.

Dengan kemenangan ini, Quartararo mengumpulkan 108 poin. Dia semakin mantap di puncak klasemen sementara.

“Banku sudah sangat rusak pada akhir-akhir lap. Saya melihat Suzuki sangat cepat, untunglah saya bisa menang,” kata Quartararo setelah balapan.

“Yang menguntungkan dari balapan ini adalah saya memulai race di front row. Saya juga membalap dengan bersih. Sejak Jerez (GP Andalusia, Red) saya belum pernah ke podium. Bulan ini sangat berat bagi saya. Tetapi, pada akhirnya, saya bisa kembali ke podium lagi,” imbuhnya.

  • Baca Juga: Morbidelli Raih Pole Positions Perdana, Posisi 1, 2, 3 Dikuasai Yamaha

Pemuncak klasemen sebelumnya, bintang Ducati Andrea Dovizioso posisinya sudah hilang sejak pada lap pertama. Dia bertabrakan dengan pembalap Reale Avintia Racing Johann Zarco.

Awal balapan ini menunjukkan dominasi Yamaha. Trio Yamaha Quartararo, Morbidelli, dan Valentino Rossi konsisten ada di depan. Saat balapan menyisakan 11 lap, Morbidelli melakukan kesalahan.

Motornya hampir kehilangan keseimbangan. Pada saat itulah, Rossi melesat, berada di posisi kedua tepat di belakang Quartararo.

Sayang, pada lap ke-17 atau saat balapan menyisakan sembilan lap lagi, Rossi jatuh di tikungan kedua. Harapannya untuk meraih podium ke-200 lagi-lagi gagal. Rossi terlihat luar biasa kecewa dengan crash yang dia alami.

Sepanjang 2020, Rossi hanya meraih satu podium. Yakni berada di posisi ketiga GP Andalusia di Sirkuit Jerez. Sementara itu, bagi Quartararo, ini adalah kemenangan ketiganya musim ini.

Tampaknya dia sangat berjodoh dengan Spanyol. Sebab, dua kemenangan awalnya dia dapatkan pada ajang GP Spanyol dan GP Andalusia.

Comment

News Feed