Thailand Keok, Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Piala Asia 2021

KalbarOnline.com – Kemenangan atas Thailand dengan skor 90-76 (28/11) membuka kans timnas basket Indonesia untuk tampil di ajang FIBA Asia Cup 2021.

Peluang makin terbuka seiring kekalahan yang diderita Thailand dari Filipina dengan skor 69-93 di Khalifa Sports City Stadium, Manama, Bahrain, tadi malam. Meski begitu, posisi tim Merah Putih belum aman.

Untuk bisa lolos ke FIBA Asia Cup 2021, diambil posisi dua teratas di setiap grup.

  • Baca Juga: Adanya Dua Pemain Naturalisasi, Bikin Pelatih Timnas Indonesia Bahagia

Nah, timnas yang diperkuat dua pemain naturalisasi Brandon Jawato dan Lester Prosper punya kans lolos lewat jalur empat tim dari peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga :  Jadi Juara Dunia, Si Kutu Resmi Jadi Petarung Top Dunia Kelas Terbang

Karena itu, untuk bisa menjaga peluang masuk daftar empat tim peringkat ketiga terbaik, Indonesia sekali lagi harus mengalahkan Thailand pada windows ketiga.

Selain itu, Thailand harus kalah oleh Korsel dan Filipina. Windows ketiga dijadwalkan berlangsung pada 18–22 Februari 2021.

Kalkulasi itu membuat Manajer Fareza Tamrella optimistis timnya bisa tampil dalam FIBA Asia Cup 2021. ”Kemungkinan masih bisa menembus playoff ya. Syaratnya memang harus menang lagi lawan Thailand. Itu kesempatan yang kami kejar,” ujarnya.

Dampak absennya Korsel di windows kedua, Indonesia mungkin akan menjalani tiga laga dalam windows ketiga. ”Nggak apa-apa sih. Negara lain juga berat. Malah ada yang belum main saat windows kedua. Ya, kami hadapi saja pertandingan yang ada,” kata Mocha, sapaan Fareza Tamrella.

Baca Juga :  Legenda Indonesia Beri Latihan Keras, Ganda No 1 Malaysia Malah Suka

Kemarin timnas pulang ke Indonesia. Para pemain bakal kembali ke klub masing-masing. Sebab, mereka juga akan bermain dalam Indonesian Basketball League (IBL).

Kompetisi itu bakal dimulai pada 15 Januari 2021. ”TC lagi akan dijadwalkan saat jeda kompetisi IBL. Mungkin pada 9 Februari 2021. Dari situ, pemain libur sehari dan langsung jalani TC buat windows ketiga,” jelasnya.

Comment