Apapun Hasilnya, Indonesia Dipastikan Lolos di Kejuaraan Asia 2021

KalbarOnline.com – Persiapan timnas Indonesia untuk mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Cup (FACQ) 2021 windows ketiga sudah cukup matang. Ajang itu berlangsung di Doha, Qatar, pada 17–23 Februari.

Timnas yang ditangani Rajko Toroman dijadwalkan melakoni tiga pertandingan grup A sekaligus. Yakni, melawan Korea Selatan (19/2), Filipina (20/2), dan Thailand (21/2).

Namun, jendela ketiga masih simpang siur. Tak jelas apakah dibatalkan atau ditunda lantaran meningkatnya kasus positif Covid-19 di Qatar.

Baca Juga :  Thailand Keok, Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Piala Asia 2021

Keputusan tersebut juga berdampak pada penyelenggaraan FACQ Window III bagi grup A, B, dan E yang juga sedianya digelar di Doha.

Manajer Timnas Basket Indonesia Farezza menyatakan, pihaknya masih menunggu surat konfirmasi dari FIBA selaku induk basket dunia. Dia melanjutkan, ada kemungkinan windows ketiga bakal ditunda.

’’Ini ada kemungkinan ditunda 1–2 minggu. Tapi, (kembali) lihat surat dari FIBA nanti ya,’’ ujarnya saat dikonfirmasi Jawa Pos kemarin.

Baca Juga :  Usai Dipuji Ginting, Pemain Muda Thailand Ini Juga Diapresiasi Axelsen

Jika keputusannya ditunda, pihaknya berencana tetap menggelar latihan.

Terlepas dari situasi yang ada, Indonesia yang kini menempati peringkat ketiga di klasemen grup A sudah dipastikan lolos ke FIBA Asia Cup 2021. Apa pun hasil yang terjadi di kualifikasi.

Sebab, skuad Garuda telah ditunjuk sebagai tuan rumah ajang itu pada 16–28 Agustus. Kepastian menjadi tuan rumah membuat Indonesia dipastikan lolos otomatis.

Comment