Cukur Thailand 5-2, Timnas Indonesia U-22 Bawa Pulang Emas SEA Games 2023

KalbarOnline, Kamboja – Kabar gembira datang dari Kamboja, di mana akhirnya Timnas U-22 Indonesia berhasil membawa pulang piala emas SEA Games setelah mencukur Thailand dengan skor 5-2 di laga final, Selasa (16/05/2023).

Berlaga di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, kedua tim bersaing ketat sejak menit-menit awal. Timnas U-22 pun berhasil membuka keunggulan 1-0 lewat skema lemparan jarak jauh yang dilepaskan Alfeandra Dewangga pada menit ke-21.

Tertinggal dari Timnas U-22, Pelatih Thailand Ithsara Sritharo melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Bukkoree Lemdee dan Achitpol Keereero digantikan oleh Phongsakon Tsirat serta Anan Yodsangwal pada menit ke-30.

Tak puas dengan 1 gol, Tim Garuda Muda pun terus melakukan ancaman. Hingga jelang turun minum, di masa injury time, anak-anak asuh Indra Sjafri itu berhasil melesakkan gol kedua. Gol ini tercipta lewat Ramadhan Sananta yang meneruskan umpan dari Rizky Ridho.

Baca Juga :  Timnas Indonesia Masih Akan Bergantung pada Dua Pemain Naturalisasi

Thailand sempat protes karena menganggap bola itu adalah bola fair play, usai terjadi pelanggaran di kotak penalti Indonesia, wasit ternyata tetap mengesahkannya.

Thailand beralih mengambil kendali permainan sejak dimulainya babak kedua. Sementara Timnas U-22 memilih bermain di belakang dengan banyak menempatkan pemain.

Peluang emas pun beralih ke tim Gajah Putih. Mereka sukses memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 pada menit ke-65. Anan Yodsangwal sukses melakukan sundulan dengan menyambut tendangan sudut yang dilepaskan Channarong Promsrikaew.

Terhentak dengan gol itu, Timnas U-22 mulai bermain ke depan lagi. Di menit-menit akhir, gempuran Thailand memaksa Indonesia jatuh bangun mengamankan gawangnya. Tambahan waktu 7 menit membuat laga kian terasa amat lama.

Di masa injury time itu, drama terjadi. Detik-detik jelang laga tuntas, official Indonesia sempat selebrasi, namun laga ternyata masih lanjut. Di momen itu, Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Yotsakon Burapha. Skor 2-2 memaksa laga lanjut ke extra time.

Baca Juga :  Kadis Kesehatan Ungkap Kondisi Terakhir Sekda DKI sebelum Meninggal

Di masa injury time, lagi-lagi drama kembali terjadi. Usai Indonesia mendapat gol ketiganya lewat Irfan Jauhari, keributan terjadi di bench kedua tim. Banyak kartu merah diberikan wasit kepada kedua tim karena bikin gaduh. Dua pemain, masing-masing dari Thailand dan Indonesia diusir wasit. Beberapa official tim juga kena kartu merah.

Tak lama berselang, Thailand bermain dengan 9 orang. Khamdee menelan kartu kuning keduanya usai melanggar Rio Fahmi. Skor 3-2 bertahan hingga jeda.

Selepas istirahat, Indonesia bisa mendapat gol keempatnya. Fajar menambah gol, dan terakhir Beckham Putra ikutan mencatatkan namanya di papan skor, untuk memastikan kemenangan 5-2 Indonesia atas Thailand hingga laga bubar. (Jau)

Sumber: Detik.com

Comment