by

Gawat, Pemulihan Cedera Marc Marquez Berjalan dengan Sangat Lambat

KalbarOnline.com – Cedera lengan kanan yang menimpa Marc Marquez pada awal musim 2020 masih berlanjut. Marquez memang sudah dua kali menjalani operasi pemasangan pelat titanium.

Pemulihan yang panjang membuatnya absen sepanjang musim lalu. Namun, juara dunia enam kali di MotoGP itu kini menatap operasi ketiga untuk cedera yang sama.

”Pemulihan berjalan lebih lambat ketimbang biasanya. Sebab, sejak awal semuanya tidak berjalan lancar,” kata Emilio Alzamora, manajer Marquez, dilansir TuttoMotoriWeb.

Setelah empat bulan menjalani pemulihan, secara fisik Marquez belum mampu mengendarai motornya. Artinya, ada sesuatu yang bermasalah.

Media Spanyol El Pais melaporkan, pihak Marquez menentukan langkah berikutnya. Termasuk opsi kembali naik meja operasi pada 1 Desember mendatang. Jika operasi itu dilakukan, pembalap Repsol Honda tersebut berpotensi melewati awal musim 2021. Sebab, dia setidaknya butuh waktu enam bulan untuk menjalani recovery.

Beredar kabar, Marquez memilih dokter baru di Austria yang menangani operasi berikutnya. Meski begitu, hingga kini belum ada informasi resmi dari Repsol Honda terkait dengan masa depan jagoan mereka.

  • Baca Juga: Miguel Oliveira Menang Mengejutkan, Ducati Juara Dunia Konstruktor

Di sisi lain, pengamat MotoGP asal Italia, Carlo Pernat, menyatakan bahwa performa Marquez tidak akan sama dengan sebelumnya.

”Dia bakal kembali. Namun, dia akan menjadi Marquez dengan catatan minus,” jelasnya. ”Aku tidak tahu seberapa besar itu. Namun, dengan apa yang sudah terjadi, dia bakal mampu mengatasi masalah Honda,” lanjut mantan manajer Valentino Rossi tersebut.

Pernyataan itu sepenuhnya merujuk kondisi Marquez dalam enam bulan terakhir. Plus jika dia memutuskan untuk kembali menjalani operasi. Tambahan waktu untuk pemulihan tentu akan membuat Marquez lebih lama meninggalkan lintasan.

Padahal, para pesaingnya terus berkembang dengan motor masing-masing.
Bila Marquez harus kembali menepi, Repsol Honda tentu dihadapkan masalah pelik untuk mencari rider pengganti.

Apalagi, Andrea Dovizioso yang sebelumnya digadang-gadang merapat ke Honda memutuskan untuk vakum setahun ke depan. Stefan Bradl yang menggantikan peran Marquez pada 2020 juga belum bisa bicara banyak.

Meski begitu, tim pabrikan Honda tersebut bakal mendapat amunisi baru. Yakni, Pol Espargaro yang akan mengisi satu paddock Honda pada musim 2021.

Comment

News Feed