by

Juara Moto2 2020 dan Adik Valentino Rossi Berada di Satu Tim MotoGP

KalbarOnline.com − Musim 2020 sudah selesai. Ditandai dengan berakhirnya GP Portugal Minggu lalu (22/11). Selanjutnya, tim peserta sudah merancang persiapan menyongsong musim berikutnya.

Kemarin (24/11) FIM (Federasi Motorsport Internasional) merilis entry list pembalap yang akan berkompetisi pada musim 2021.

Sejumlah perubahan terjadi. Termasuk hadirnya empat rookie di tiga tim berbeda. Mantan dua pembalap Moto2, Luca Marini dan Enea Bastianini, akan berbagi tempat di paddock Esponsorama Racing.

Sedangkan Jorge Martin akan menjadi mitra pembalap berpengalaman Johann Zarco di tim Pramac Ducati. Satu nama lainnya adalah Lorenzo Savadori yang menjadi pilihan Aprilia. Tim yang bermarkas di Noale, Italia, itu memastikan pembalap utama mereka menjadi milik Aleix Espargaro.

Meski Savadori masuk entry list pembalap musim depan, Aprilia belum memutuskan secara resmi siapa yang akan menjadi rekan Espargaro.

CEO Aprilia Racing Massimo Rivola menjelaskan, Savadori dan Bradley Smith masing-masing akan didapuk sebagai pembalap kedua dan pembalap uji. ’’Peran mereka akan ditentukan setelah tes musim dingin,” terangnya dilansir Cycle News.

Keduanya menjadi opsi terbaik Aprilia setelah hukuman atas kasus doping Andrea Iannone diperpanjang menjadi empat tahun.

Savadori sebenarnya sudah mengaspal di tiga seri terakhir 2020. Aprilia memberikan kepercayaan buat pembalap Italia tersebut menggantikan peran Smith. Rivola mengatakan bahwa Savadori mampu membuktikan kemajuan signifikan pada tiga seri. Walaupun, secara teknis dia belum sekali pun mencetak poin.

  • Baca Juga: Miguel Oliveira Menang Mengejutkan, Ducati Juara Dunia Konstruktor

Sementara itu, duet Marini dan Bastianini berpotensi menjadi kejutan musim depan. Keduanya saling bersaing untuk menjadi juara di Moto2 2020. Di akhir musim, Bastianini menjadi kampiun, sedangkan Marini menjadi runner-up.

Khusus Marini, dia mendapatkan slot pembalap Esponsorama setelah menggeser posisi Tito Rabat. Dia menghadapi bayang-bayang nama besar kakak tirinya; Valentino Rossi.

Marini-Rossi akan menjadi bersaudara ketiga setelah Marc-Alex Marquez dan Pol-Aleix Espargaro yang berkompetisi di kelas premier musim depan.

Di sisi lain, pada musim 2021, Ducati juga punya jagoan baru. Mereka adalah Jack Miller dan Francesco Bagnaia yang dipromosikan dari Pramac Ducati. Pada seri penutup di Portimao, Portugal, sebelumnya, Miller membantu Ducati kembali merengkuh juara konstruktor sejak kali terakhir pada 2007.

’’Aku akan siap 100 persen ketika kami mulai melakukan pengujian,” ucap Miller dilansir Speedcafe. Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, Miller berharap bisa menjalani persiapan di kampung halamannya, Australia, sebelum berjibaku pada musim 2021.

Sebagaimana diketahui, Miller dan Bagnaia bakal mengganti peran Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci di garasi Ducati. Petrucci yang terdepak memilih bergabung ke Tech3. Sedangkan Dovi memutuskan vakum setahun.

Comment

News Feed