Untuk Kali Pertama dalam Sejarah, Pol Espargaro Raih Pole Position

KalbarOnline.com-Pol Espargaro mencatat sejarah. Pembalap KTM tersebut meraih pole position pertama dalam karirnya di MotoGP. Espargaro akan start dari posisi pertama pada GP Styria 2020 yang berlangsung besok malam (23/8) WIB. Dia mencatat waktu terbaik dengan 1 menit dan 23,580 detik.

Pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami berada di posisi kedua, berselisih 0,022 detik dari Espargaro. Sementara itu, rider Reale Avintia Ducati Johann Zarco menjadi yang tercepat ketiga, lebih lambat 0,052 detik, pada sesi kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria itu.

Baca Juga :  Empat ‘Murid’ Valentino Rossi Kuasai Podium 1-2 di MotoGP dan Moto2

Walau begitu, Zarco akan start dari pit lane pada balapan ini. Ini adalah dampak dari insiden tabrakannya dengan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) pada GP Austria pekan lalu.

  • Baca Juga: Pertaruhan Ducati dan Dovizioso untuk Semakin Mendominasi

Sebelum kualifikasi, stewards MotoGP telah menyelesaikan investigasi pascainsiden yang melibatkan Zarco dan Morbidelli. Panel stewards yang terdiri atas Bill Cumbow, Freddie Spencer, dan Ralph Bohnhorst menyatakan, ada bukti tindakan yang tidak bertanggung jawab dari Zarco.

Baca Juga :  Morbidelli Raih Pole Positions Perdana, Posisi 1, 2, 3 Dikuasai Yamaha

Zarco dianggap tidak memperhatikan keselamatan pembalap lain.

Hasilnya, rider Prancis itu dinyatakan bersalah dan dijatuhi penalti start dari pit lane. Walau begitu, keberhasilan Zarco menjadi yang tercepat ketiga pada kualifikasi adalah catatan hebat. Sebab, dia baru saja menjalani operasi skafoid tangan kanan pasca tragedi kecelakaan di GP Austria.

Di sisi lain, juara GP Austria pekan lalu, bintang Ducati Andrea Dovizioso tidak mencatat hasil impresif. Dia hanya berada di posisi kesembilan, berselisih 0,269 detik dari Espargaro.

Comment