by

Tak Hanya Ponsel, Nokia Mulai Tekuni Bisnis Smart TV

KalbarOnline.com – Sesuai prediksi para pakar teknologi, ke depan diperkirakan akan semakin banyak merek-smart TV atau TV pintar yang bakal hadir dari para pembuat smartphone. Ini ditunjukkan dengan Nokia yang belum lama ini mengumumkan smart TV barunya untuk pasar India. Nokia masuk di bisnis yang sama untuk bersaing dengan Xiaomi, Realme, dan Samsung, tiga merek ponsel besar yang sama-sama membesut smart TV.

Nokia sendiri sebelumnya dikenal dengan pabrikan pembuat ponsel asal Finlandia yang sudah terkenal sejak puluhan tahun silam. Tak ada yang menyangka, Nokia yang lisensi dan merek dagangnya dikelola oleh HMD Global itu kini mulai terjun ke bisnis TV pintar.

TV pintar terbaru dari perusahaan tersebut memiliki ukuran 65 inci yang telah meluncur secara resmi di pasar India. Dilansir dari Gizmochina Kamis (13/8), TV ini diberi nama Nokia 65 inci Smart TV. Dan kini, semakin menunjukkan niatnya masuk ke bisnis tersebut, Nokia dilaporkan akan menghadirkan lagi TV pintar lainnya dengan ukuran yang lebih kecil dan terjangkau.

Kembali pada bulan Juni, perusahaan Finlandia itu meluncurkan penawaran 43 inci di pasar India. Ini sudah memiliki dua opsi ukuran lagi pada saat penulisan ini yaitu 55 inci dan 65 inci. Sepertinya Nokia milik HMD Global sekarang ingin menambahkan lebih banyak ukuran ke daftar namanya.

Menurut sertifikasi baru-baru ini, merek tersebut sedang mengerjakan dua lagi televisi pintar dengan ukuran 50 inci dan 32 inci. Bukan itu saja, kedua produk tersebut mungkin akan segera diluncurkan di India dalam waktu dekat.

Smart TV Nokia 32 inci memiliki nomor model 50TAUHDN sedangkan yang lebih besar 50 inci memiliki nomor model 32TAHDN. Seperti yang diharapkan, sertifikasi dari otoritas terkait telah mengungkapkan beberapa informasi penting selama prosesnya.

Smart TV 50 inci akan menampilkan layar UHD dengan resolusi 4K. Di sisi lain, penawaran 32 inci yang lebih kecil akan tetap menggunakan panel layar Full HD. Selain itu, kedua televisi tersebut diproduksi oleh Dixon Technologies di Andhra Pradesh, India.

Mempertimbangkan penawaran sebelumnya, kami mengharapkan banyak dukungan penyedia layanan Over The Top (OTT) di luar kotak bersama dengan Android 9 untuk sistem operasi TV. Untuk audio, kita juga bisa mengharapkan teknologi PureSound Nokia bersama dengan speaker JBL.

Sebagaimana dilansir dari Gizchina, TV Nokia sebelumnya hadir dengan penyimpanan internal 16 GB bersama dengan berbagai pilihan konektivitas seperti WiFI, Bluetooth 5.0, 3x HDMI, 1x USB 2.0, 1x USB 3.0, dan Ethernet. Smart TV Nokia yang tersedia juga dilengkapi dengan teknologi MEMC dan Dolby Vision.

Dengan lebih banyak model lain yang akan hadir, seperti sudah disinggung di atas, ini jelas menunjukkan bahwa seperti halnya smartphone, Nokia ingin bersaing dengan merek-merek lain seperti Xiaomi, Realme, OnePlus, dan Samsung. Menarik untuk melihat seberapa baik performa TV baru Nokia dan apakah akan menghadirkan sesuatu yang baru atau tidak.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru