by

Realme Smart TV, TV Pintar Pertama dari Realme di Tanah Air

KalbarOnline.com – Realme di Indonesia telah secara resmi masuk ke bisnis TV pintar alias smart TV pada Senin (24/8). TV pintar Realme kali ini sekaligus menjadi perangkat AIoT kategori terbaru dari Realme. Bersaing dengan merek-merek lain yang sudah lebih dulu hadir di bisnis ini, Realme pede membawa TV pintar perdananya dengan pilihan ukuran 32 inci dan 43 inci sekaligus.

  • Baca juga: Realme Tumbuh, Klaim Torehkan Catatan Positif pada Semester Pertama

Realme Smart TV ini merupakan tahap baru dari strategi AIoT realme 1+4+N sebagai bagian dari 4 sub-kategori (Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch and Smart Speaker). Seperti perangkat-perangkat Realme lainnya, kami lebih dulu menjajal TV pintar ini jauh-jauh hari sebelum peluncuran. Membawa jargon ‘Real Picture. Real Sound’ dan positioning ‘Best Audio & Visual Smart TV in the price segment’. Berikut ulasan selengkapnya terkait perangkat Realme Smart TV.

Desain
Saat ini urusan desain menjadi salah satu hal yang penting bahkan bagi sebuah TV. Pasalnya, TV biasanya diletakan di area yang cukup terlihat seperti di ruang tamu, ruang keluarga atau kamar yang dalam hal ini cukup mempengaruhi detail estetika dari sebuah ruangan. Aspek desain bagi TV saat ini sangat penting mengingat fungsinya tidak hanya sebagai perangkat entertain tetapi juga bagian dari elemen desain sebuah ruangan.

Dari sisi desain, hadir dengan warna hitam dan penutup belakang logam, Realme Smart TV menurut kami cukup menawarkan desain minimalis yang elegan dengan bezel-less ultra bright LED display. Desain smart TV ‘murah’ ini tak terkesan murahan.

Secara ukuran, Realme Smart TV hadir dengan 2 ukuran yang populer, yaitu 32 inci (80 cm) dan 43 inci (108 cm). Besaran resolusinya 1.366 x 768 piksel untuk ukuran 32 inci dan 1.920 x 1.080 untuk ukuran 43 inci. Untuk perangkat yang kami jajal sendiri memiliki ukuran 43 inci alias top varian.

Wujud perangkat Realme Smart TV dari berbagai sisi. (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dari segi desain dan dimensi, TV pintar Realme cocok diletakan di aspek ruangan yang tak terlalu besar. Hal tersebut mengacu pada ukuran TV ini yang memang tak terlalu besar. Buat para pembeli smart TV pemula, Realme Smart TV menurut kami layak dibeli dari aspek desain dan ukuran yang terlalu besar sehingga tak begitu memakan ruang dan menyesaki ruangan yang berukuran sempit.

Di bagian lain, sebagai identitas, di TV ini terdapat logo Realme yang berada di tengah bezel di bagian bawah TV. Ukurannya kecil namun cukup terlihat. Di sudut lain seperti kanan, kiri, atau bawah nyaris polos. Di area tersebut tak akan dijumpai tombol fisik apapun.

Satu-satunya tombol adalah tombol power yang letaknya tepat di bawah TV, persis berada di kolong logo Realme. Semua fungsi lain diatur lewat remote control yang tak kalah cerdasnya. Sementara di bagian belakang, tampak beberapa port untuk berbagai kebutuhan koneksi seperti satu port digital audio output, port AV, jack headphone, Ethernet, 3 port HDMI, 2 port USB dan tak ketinggalan satu port antenna analog untuk yang masih menginginkan fungsi TV konvensional berbasis Free To Air pada smart TV ini. Selain itu, untuk koneksi nirkabel, TV ini juga sudah dibekali dengan opsi nirkabel termasuk Wifi 2.4/5 Ghz dan Bluetooth 5.2.

Comment

News Feed