by

Gandeng Nokia, NASA Mau Hadirkan Jaringan 4G di Bulan

KalbarOnline.com – Tak lama lagi, para astronot yang bertugas di sekitar bulan dilaporkan da[at menggunakan perangkat seluler mereka. Sebab, NASA dilaporkan berencana menempatkan jaringan LTE atau 4G di permukaan bulan. Sehingga para astronot dan perangkat lainnya bisa terkoneksi ke jaringan seluler.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, NASA akan menggandeng Nokia. NASA sendiri dilaporkan telah memberi Nokia Amerika kucuran dana sebesar USD 14,1 juta atau berkisar Rp 208 miliar lebih untuk membangun jaringan seluler di bulan.

Hibah tersebut merupakan bagian dari kontrak senilai USD 370 juta atau setara dengan Rp 5,4 triliun yang ditandatangani dalam proyek ‘Tipping Point’ NASA. Proyek tersebut memiliki tujuan untuk memajukan penelitian dan pengembangan untuk eksplorasi ruang angkasa.

“Rencana Nokia adalah membangun jaringan 4G atau LTE, dan pada akhirnya bertransisi ke 5G seperti yang sedang kita lakukan saat ini. Ini akan menjadi sistem komunikasi LTE atau 4G pertama di luar angkasa,” ungkap pengumuman resmi NASA.

Badan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (AS) itu melanjutkan, sistem ini dapat mendukung komunikasi permukaan bulan pada jarak yang lebih jauh, meningkatkan kecepatan, dan memberikan keandalan yang lebih dari standar saat ini.

Badan riset Nokia, Bell Labs, memberikan detail lebih lanjut di utas Twitter. Kerja sama tersebut diharapkan kalau jaringan tersebut mendukung operasi nirkabel penjelajah bulan dan navigasi. Termasuk video streaming yang lebih baik lagi dari saat ini.

“Jaringan ini dibangun agar kompak dan efisien, serta dirancang khusus untuk menahan suhu ekstrim, radiasi dan kondisi ruang hampa,” ungkap Bell Labs.

Associate Administrator NASA, James Reuter mengatakan, layanan seluler di bulan dapat memungkinkan komunikasi di permukaan bulan dan para astronot menjelajahi permukaannya. Tentunya dapat berkomunikasi dengan pesawat ruang angkasa.

“Dengan pendanaan NASA, Nokia akan melihat bagaimana teknologi terestrial dapat dimodifikasi untuk lingkungan bulan guna mendukung komunikasi yang andal dan berkecepatan tinggi,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed