by

Pemkab Terima Hibah dari Ditjen EBTKE, Ini Kata Wabup Sujiwo

KalbarOnline, Kubu Raya – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo menandatangani naskah hibah dan berita acara serah terima barang milik negara (BMN) di Hotel Purosani Melia Yogyakarta, pada 24-26 April kemarin.

Serah terima dilakukan terkait sejumlah infrastruktur energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) dari Direktorat Jenderal EBTKE dan sejumlah infrastruktur dari Badan Geologi. Direktur Jenderal EBTKE, FX Sutijastoto mengatakan penerima hibah 8.288 unit infrastruktur EBTKE tersebar di 46 kabupaten dan 2 provinsi termasuk Kabupaten Kubu Raya.

“Infrastruktur EBTKE yang diserahkan yakni 6 unit PLTS, 3.778 unit PJU dan 1 unit PLT Pome. Sementara sejumlah infrastruktur yang dibangun Badan Geologi berupa 268 unit sumur bor, 1 museum dan 1 pusat survei geologi,” ujar Sutijastoto, Minggu (28/4/2019).

Dirinya menerangkan, serah terima kepada pemerintah daerah dilakukan sebagai upaya mewujudkan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang efisien, efektif dan akuntabel. Menurutnya, serah terima merupakan sarana untuk mewujudkan pengelolaan BMN di lingkungan Ditjen EBTKE yang efisien, efektif dan akuntabel, khususnya BMN yang dari awal pengadaannya direncanakan untuk dihibahkan kepada pemerintah daerah guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam akses energi dan penyediaan air bersih.

“Kami serahkan kepada Pemprov maupun Pemkab/Pemkot sebanyak 8.288 unit infrastruktur EBTKE yang tersebar di 46 kabupaten dan 2 provinsi dengan total anggaran yang digunakan untuk pembangunan infrastrukturnya sebanyak Rp240.887.768.596,” ungkapnya.

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo mengapresiasi sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah khususnya di bidang pengadaan infrastruktur energi baru terbarukan dan konservasi energi. Menurut dia, pemerintah daerah sangat memerlukan dukungan berupa kebijakan dan terobosan dari pemerintah pusat sehingga upaya percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat berjalan lancar.

“Infrastruktur dari pemerintah pusat ini kita harapkan dapat mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi nasional khususnya di daerah kita serta mendorong pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan di Kabupaten Kubu Raya. Ini juga sangat membantu dalam upaya kita melakukan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (ian/rio)

Comment

News Feed