Bupati Rupinus Resmikan Kantor Desa Tapang Semadak, Ini Pesannya

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Ny. Kristina Rupinus, S.Pd., M.Si, meresmikan Kantor Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Jumat (22/2/2019) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa, Bayu Dwiharsono, SE., ME, Kasat Binmas Polres, Iptu Masdar, Danramil XV Sekadau Hilir, Kapten Inf. Indra F Caniago, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Tanto Yakobus, S.Sos., M.Si, Anggota DPRD Sekadau, Abun Tono, SP, Camat Sekadau Hilir, H.Syafi’i Yanto, S.Pd., SE., M.Si, Kapolsek Sekadau Hilir, Iptu Topo Subroto dan unsur Pemerintahan Desa serta masyarakat setempat.

Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Kristina Rupinus melakukan pemotongan pita peresmian kantor Desa Tapang Semadak
Ketua Tim Penggerak PKK Sekadau, Kristina Rupinus melakukan pemotongan pita peresmian kantor Desa Tapang Semadak (Foto: Mus)

Bupati Rupinus dalam sambutanya mengucapkan terima kasih Pemerintah Desa Tapang Semadak, panitia peresmian kantor desa serta masyarakat Desa Tapang Semadak yang multi etnis.

“Bantuan Pemerintah Kabupaten kepada desa untuk pembangunan kantor ini sebesar Rp200 juta,” ujarnya.

Bupati mengakui bahwa di tahun-tahun sebelumya, bantuan pemerintah untuk pembangunan kantor desa sebesar Rp300 juta, namun dalam proses pembangunannya harus melalui mekanisme lelang kepada pihak ke-3.

Sedangkan dengan dana pembangunan saat ini, sistem pembangunan kantor desa dengan cara swakelola melibatkan masyarakat dan ada perputaran uang di desa dari proses pembangunan kantor desa.

Baca Juga :  Akan Aktifkan Posko Pemeriksaan di Perbatasan, Bupati Aron: Datang ke Sekadau Langsung Kita Swab Antigen

“Untuk proses bantuan dimulai dari pengajuan proposal kepada Pemda dengan megutamakan hak milik lahan yang akan dibangun harus jelas kepemilikan dan di sertifikat atas nama Desa,” pesannya.

Bupati turut mengatakan bahwa bantuan pembangunan yang terbatas oleh pemerintah daerah, merupakan pemicu dimana pembangunan lainya akan dilanjutkan pemerintah desa dengan dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) masing-masing desa.

“Alokasi dana desa dari DAU dan APBD Kabupaten telah diatas 10 persen sehingga ADD berkisar Rp 1 miliar lebih untuk per satu desa,” tukasnya.

Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten memberikan bantuan kepada 14 desa lainnya untuk pembangunan kantor desa yang representatif dengan anggaran yang sama sebesar Rp200 juta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa, Bayu Dwiharsono, SE., ME menyatakan bahwa Kantor Desa Tapang Semadak merupakan salah satu kantor desa yang diberikan oleh Bupati sebagai bantuan keuangan langsung kepada desa.

Baca Juga :  Bupati dan Uskup Hadiri Natal Bersama Paroki Monumental

“Tahun 2018 sebanyak 14 desa yang dibangun kantornya,” terang Bayu.

Bayu menjelaskan bahwa sejak tahun 2018, atas inisiatif Bupati Rupinus memberikan bantuan keuangan Kabupaten kepada pemerintah desa untuk pembangunan kantor yang representatif dengan harapan tercapainya pembangunan dan pelayanan yang efektifitas kepada masyarakat.

Ia mengakui bahwa dengan dana yang minim, awalnya ada rasa pesimisme untuk pembangunan kantor Desa. Meski demikian dengan semangat dan bantuan pengawasan para pihak dari 14 desa yang dibantu semua telah terbangun dengan hasil memuaskan.

“Struktur bangunan kantor desa disesuaikan dengan potensi geografis desa apakah mengunakan bangunan beton atau kayu,” ujarnya.

“Fasilitas-fasilitas yang ada agar diperguanakan dengan baik dan dimanfaatkan untuk pelayanan,” pesanya.

Tahun 2019 ini, lanjutnya, juga akan dibangun 14 Kantor Desa dengan jumlah besaran Dana bantuan sebesar 200 juta di setiap Desa yang telah mengajukan proposal dan dinilai layak mendapatkan bantuan.

Peresmian kantor Desa Tapang Semadak ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Rupinus dan pengguntingan pita peresmian oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Kristina Rupinus.

Saat dilakukan peninjauan kantor desa ini, Kepala Desa Tapang Semadak, Teresia Yusmini mendapatkan kejutan dari ibu PKK Desa Tapang Semadak berupa kue tar ulang tahunnya yang ke 44 yang disaksikan Bupati dan tamu undangan, Teresia meniup kue ulang tahunnya. (Mus)

Comment