Peringati Hari Sampah Nasional 2019, Polres Gelar Kegiatan Bersih-bersih di Pasar Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Polres Sekadau melaksanakan upacara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019 yang dilangsungkan di Bundaran Tugu Jam Pasar Sekadau, Jalan Kapuas, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Jumat (22/2/2019).

Kabag Ren Polres Sekadau, Kompol S. Eka, D. S.Sos didapuk menjadi inspektur upacara yang diikuti personel Polres Sekadau dan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau.

Kapolres Sekadau dalam amanatnya yang disampaikan Kompol Eka mengajak seluruh anggota Polres Sekadau memelihara kebersihan lingkungan dengan meningkatkan kesadaran dan bekerjasama mengelola sampah.

Baca Juga :  Dinkes Sekadau Gelar Pengobatan Gratis dan Sunatan Massal di Meragun

“Upaya ini untuk hidup bersih sehat dan bernilai sehingga dapat meningkatkan pembangunan kabupaten Sekadau,” ujarnya.

Hari peduli sampah dicanangkan tanggal 21 Februari 2006 oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk pertama kalinya.

“Peringatan ini muncul atas ide dan desakan sejumlah lihat untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005 dimana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa,” tukasnya.

Pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah akibatnya 157 jiwa melayang.

Baca Juga :  Belasan Warga Datangi Bawaslu Sekadau : Pertanyakan Progres Laporan Politik Uang

“Melalui peringatan hari peduli sampah nasional tahun 2019 mari kita membudayakan hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat,” ajaknya lagi.

Selanjutnya dilaksanakan pembersihan lingkungan di sekitar pasar Sekadau.

Sekedar catatan, kegiatan hari peduli sampah nasional diperingati dalam rangka memperingati peristiwa ledakan gas metana di Leuwigajah pada tanggal 21 Februari 2005 yang merenggut nyawa ratusan jiwa serta dalam rangka membudayakan hidup bersih di lingkungan hidup.

“Lokasi kegiatan di pasar Sekadau dalam rangka mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga lingkungan sehingga tidak menjadikan pasar Sekadau menjadi wilayah yang kumuh dan terhindar dari sarang penyakit,” pungkasnya. (Mus)

Comment