Sutarmidji Targetkan Tanggung Jawab Pemprov Kalbar di Sekadau Tuntas Tahun Ini

KalbarOnline, Sekadau – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji menyebutkan, bahwa pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalbar di Kabupaten Sekadau sudah hampir tuntas.

Ia menyatakan, terdapat dua ruas jalan provinsi di Kabupaten Sekadau yakni ruas Jalan Nanga Mahap – Nanga Taman dan ruas Jalan Sekadau – Rawak yang ditargetkannya segera selesai tahun 2023 ini.

“Mudah-mudahan secepatnya bisa selesai. Tahun ini (2023) cukup besar juga dianggarkan,” ungkapnya.

Hal itu disampaikan Sutarmidji usai menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2024 di Aula Kantor Bupati Sekadau, Rabu, 15 Maret 2023.

Agar penyelesaian pembangunan dua ruas jalan tersebut lebih cepat, pemprov menurutnya juga sudah memasukkan dua jalan tersebut dalam usulan program Inpres Jalan Daerah Tahun 2023. Diharapkan, usulan tersebut juga bisa diakomodir oleh pemerintah pusat.

“Jadi kita ajukan (juga) untuk Inpres. Mudah-mudahan dua ruas ini bisa terpenuhi, jadi bisa cepat (selesai),” ujarnya.

Sutarmidji menilai, Kabupaten Sekadau pertumbuhannya akan lebih cepat. Karena dari tampilan-tampilan yang sudah dicapai sejauh ini cukup baik. Seperti angka kemiskinan, disebutkan dia sudah di bawah angka provinsi, kemudian angka pengangguran terbuka yang juga rendah.

Baca Juga :  Banjir Bandang Terjang Dusun Landau Mentawa, Jembatan Putus

“Pertumbuhan (ekonomi) bagus, gini ratio tidak begitu tinggi, sehingga untuk penanganan-penanganan kemiskinan, stunting dan sebagainya sebenarnya tinggal validasi data saja. Kalau itu bisa dilakukan maka capaiannya, lompatannya pasti akan ada,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kalbar, Iskandar Zulkarnaen mengatakan, bahwa pada tahun 2023 ini pemprov kembali mengalokasikan anggaran untuk peningkatan ruas jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi di Kabupaten Sekadau.

Diantaranya peningkatan ruas Jalan Nanga Taman – Nanga Mahap sebesar Rp 10 miliar lebih. Kemudian peningkatan ruas Jalan Sekadau – Rawak sebesar Rp 20 miliar.

“Termasuk pemeliharaan berkala jalan dan pemeliharaan rutin jembatan,” katanya.

Iskandar menyebutkan, total ruas jalan provinsi di Kabupaten Sekadau sepanjang 103,65 kilometer. Dari jumlah tersebut, data terakhir tahun 2022, diketahui bahwa total ruas jalan dengan status mantap sudah sepanjang 65,22 kilometer atau sebesar 63 persen.

Untuk ruas Jalan Sekadau – Rawak dalam kondisi tidak mantap hanya tinggal 3,7 kilometer. Sementara ruas Jalan Nanga Mahap – Nanga Taman dalam kondisi tidak mantap, hanya tinggal 5,3 kilometer.

Menurutnya, ruas jalan Sekadau – Rawak dan Nanga Mahap – Nanga Taman memang menjadi atensi Gubernur Kalbar.

“Sesuai komitmen Bapak Gubernur, melalui pembangunan yang terus dilakukan secara berkesinambungan, maka kami yakin jalan provinsi dengan status tidak mantap di Sekadau akan segera tuntas,” pungkasnya.

Baca Juga :  Sutarmidji Imbau Masyarakat Tionghoa Tak Mudik Sembahyang Kubur ke Kalbar

Di tempat yang sama, Bupati Sekadau mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang telah memberikan perhatian terhadap pembangunan di Kabupaten Sekadau.

Aron menyebutkan, pada tahun 2022 dan tahun 2023 ini Pemprov kalbar telah mengakomodir usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau, diantaranya pembangunan dan pemeliharaan ruas Jalan Sekadau – Rawak.

“Terima kasih Pak Gubernur, pada tahun kemarin sudah dialokasikan untuk jalan provinsi dan tahun ini juga dialokasikan, bahkan sudah tender untuk ruas Nanga Mahap ke Nanga Taman dan Sekadau ke Rawak,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap memohon dukungan pembangunan infrastruktur dari gubernur agar dapat terus diperhatikan.

“Mohon dukungannya Pak Gubernur untuk Dana Inpres kalau bisa dialokasikan untuk jalan Sekadau – Nanga Mahap, sehingga 2023 ini bisa tuntas semuanya jalan ke Nanga Mahap,” harapnya.

Kegiatan yang turut dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sekadau itu mengusung tema “Peningkatan Pembangunan Perekonomian Daerah yang Tangguh dan Berdaya Saing Untuk Sekadau Lebih Sejahtera dan Bermartabat”.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sutarmidji juga menyerahkan bantuan hibah untuk rumah ibadah dan organisasi masyarakat. (Jau)

Comment