Wabup Subandrio Serahkan Bantuan Banjir di Nanga Mahap

Wabup Subandrio Serahkan Bantuan Banjir di Nanga Mahap

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau Subandrio meninjau langsung sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Kantor Camat Nanga Mahap, Selasa, 25 Januari 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau Subandrio yang didampingi Sekda, Kadis Sosial, Kadis Pemdes, Kepala BPBD, dan sejumlah Kepala OPD lainnya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau turut prihatin atas banjir yang menimpa beberapa desa di Kecamatan Nanga Mahap.

“Hari ini Pemerintah Kabupaten Sekadau melihat langsung dampak banjir di Kecamatan Nanga Mahap dan sebagai bentuk dari perhatian Pemerintah, maka kita juga menyerahkan sejumlah paket bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir,” ujar Wakil Bupati.

Kepada 14 Kepala Desa, para pendamping sosial PKH yang hadir, Wakil Bupati meminta para Kepala Desa yang wilayahnya dilanda banjir agar memberikan bantuan tepat sasaran.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Serahkan Bantuan Logistik Untuk Korban Kebakaran di Tapang Semadak

Wabup Subandrio Serahkan Bantuan Banjir di Nanga Mahap

“Hari ini kita hanya meninjau kondisi di desa dalam Kecamatan Nanga Mahap dan mohon maaf tidak bisa ke semua desa yang terkena banjir dan  kita langsung salurkan bantuan sembako dan obat-obatan kepada masyarakat yang terdampak banjir melalui Kepala Desa yang wilayahnya terkena banjir, agar dibagikan kepada setiap Kepala Keluarga dan ini sifatnya bantuan dan harus tepat sasaran,” kata Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu juga, Wabup meminta agar setiap Kepala Desa yang ada di Kecamatan Nanga Mahap untuk membuat database untuk kepentingan penanggulangan bencana, karena wilayah Kecamatan Nanga Mahap ini merupakan daerah rawan bencana banjir hingga mempermudah proses penyaluran bantuan dan lain sebagainya. Secara kebetulan di hari yang sama Dinas Sosial sedang melakukan pendataan.

“Pemdes harus membuat dan memiliki database yang standar agar mempermudah kita untuk mengalokasikan dan mendistribusikan berbagai bantuan dari Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak dan hari ini memang ada kegiatan untuk pendataan yang oleh Dinas Sosial,” tegas Wakil Bupati.

Baca Juga :  Wabup Subandrio Monitor Pelayanan Administrasi Kependudukan di Nanga Taman

Wabup Subandrio Serahkan Bantuan Banjir di Nanga Mahap

Selain itu, Wakil Bupati juga menegaskan pentingnya kordinasi dan komunikasi yang baik di antara semua fihak dalam menghadapi keadaan seperti ini.

“Saya minta agar terjalin komunikasi yang baik antara Kades, Kadus, Ketua RT-RW dan Pemerintah Kecamatan apalagi jika menghadapi situasi seperti ini, jadi mudah kita menyalurkan segala bantuan yang diperlukan oleh masyarakat,” terang Wakil Bupati.

Setelah penyerahan secara simbolis kepada enam Kepala Desa yang terkena banjir, acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Pasar Nanga Mahap yang sudah surut sejak pagi hari. Turut juga hadir dalam kegiatan ini, dua orang Anggota DPRD Yohanes Ayub dan Lorensius Ardi Wiranata. (RD/Mus)

Comment