Hadiri Malam Puncak Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570, Bupati Rupinus : Rawat Kebersamaan dan Keberagaman

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570 MABT dan Pemkab Sekadau bersama masyarakat

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si mengapresiasi terselenggaranya perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570 yang dihelat Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) dan Pemerintah Kabupaten Sekadau bersama masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan pihak keamanan atas terlaksananya perayaan Imlek dan Cap Go Meh bersama ini,” ujarnya mengawali sambutannya pada malam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570 yang berlangsung di Betang Youth Center, Selasa (19/2/2019) malam.

“Perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini mengandung nilai silaturrahmi dan serupa dengan perayaan hari besar lainnya. Oleh karena itu perlu dirawat dan dijaga kebersamaannya, seperti saat sekarang ini,” sambungnya.

Orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini juga menceritakan saat dirinya diundang masyarakat Tionghoa di Kecamatan Belitang Hilir dan Kecamatan Sekadau Hulu Rawak dalam perayaan imlek bersama.

Untuk itu dirinya berharap agar kedepan kegiatan serupa dapat digelar oleh kecamatan lainnya dan dapat berlangsung lebih meriah.

“Kita harap kedepannya kecamatan lain juga bisa melaksanakan kegiatan yang sama dan kedepan lebih meriah lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Rupinus mengajak masyarakat Sekadau untuk bersama-sama menjaga persatuan, keberagaman dan keamanan di Sekadau sejalan dengan tema yang diusung dalam acara ini yakni ‘Merajut Kebhinekaan Perkokoh Persatuan’.

Baca Juga :  Polres Sekadau Buka Pendaftaran Polri Tahun 2021 Secara Online

“Semoga kegiatan Imlek dan Cap Go Meh bersama ini bisa merajut kebersamaan. Mari kita jaga kebersamaan, keberagaman dan keamanan Kabupaten Sekadau,” ajaknya.

Hal lain yang tak luput dari sorotan Bupati yakni berkaitan dengan Pemilu. Mengingat tahun 2019 ini merupakan tahun politik, untuk itu dirinya berpesan kepada masyarakat Sekadau agar tak terpengaruh dengan berita bohong (hoax) serta dapat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

“Mari jaga persatuan dan kesatuan, jangan terpengaruh dengan berita yang tidak benar atau hoax. Laksanakan aktivitas kita sehari-hari sebagaimana mestinya. Mari kita sama-sama sukseskan Pemilu sosialisasikan kepada masyarakat pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya jangan sampai tidak memilih alias Golput. Karena Golput merugikan diri sendiri, hak pilih sangat menentukan masa depan,” pesannya.

Bupati Rupinus yang pada kesempatan itu turut menyerahkan bantuan berupa mobil ambulance dari Pemerintah Kabupaten Sekadau yang diterima langsung oleh Ketua Yayasan Bhakti Luhur, Titi Hermanto yang ditandai secara simbolis dengan penyerahan kunci mobil.

“Bantuan ini guna peningkatan pelayanan dan demi kepentingan kemanusiaan di lingkungan masyarakat Tionghoa. Mobil ambulance untuk yayasan masyarakat Tionghoa ini adalah program Pak Simon Petrus saat masih menjabat Bupati Sekadau. Walau anggaran kurang tapi ditambah dengan anggaran yayasan.Tolong dijaga dan dirawat untuk kepentingan kemanusiaan di lingkungan masyarakat Tionghoa,” tukasnya.

Baca Juga :  Radio Masih Efektif Dalam Penyampaian Informasi

“Bantuan untuk umat Katolik sudah ada, untuk umat Islam juga sudah ada dan sekarang yayasan juga sudah ada. Terima kasih untuk Pak Simon Petrus,” timpalnya.

Sementara tokoh masyarakat Sekadau, Simon Petrus mengatakan bahwa perayaan ini adalah bagian dari budaya yang merupakan aset bangsa.

“Ini aset kita semua. Kita bangga aset budaya seperti ini. Saya mengimbau supaya kita selalu menjaga aset ini dengan baik,” pesan Simon Petrus.

Mantan Bupati Sekadau dua periode ini turut mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI-Polri yang telah mengamankan jalannya acara dan kepada para panitia dan semua pihak yang bersama-sama mensukseskan acara ini.

“Terima kasih kepada pihak TNI dan Polri dalam pengamanannya. Terima kasih juga kepada panitia dan kepada semua pihak yang sudah mendukung acara ini,” ucapnya.

Simon turut berpesan agar di tahun politik ini masyarakat Sekadau tetap menjaga situasi keamanan secara bersama-sama serta menggunakan hak pilih berdasarkan hati nurani dan tidak Golput.

“Jaga situasi Sekadau yang kita cintai ini dan gunakanlah hak pilih dengan baik sesuai dengan hati nurani,” tandasnya.

Perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini selain dimeriahkan dengan atraksi barongsai, pesta kembang api dan beragam rangkaian acara lainnya juga turut dimeriahkan oleh penampilan artis Mandarin dari Surabaya, Huang Jia Jia. Turut hadir Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD Sekadau, Sekda Sekadau, unsur OPD di lingkungan Pemkab Sekadau, forkopimda Sekadau, Ketua MABT Sekadau, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW, tokoh lintas etnis, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. (Mus)

Comment