Ketua TP PKK Sekadau, Ny Kristina Rupinus Didampingi Ketua GOW Sekadau, Ny Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, Saat Menyematkan Baju Dokter Kecil Kepada Salah Seorang Peserta Pelatihan Dokter Kecil (Foto: Mus/Hms)
Ketua TP PKK Sekadau, Ny Kristina Rupinus Didampingi Ketua GOW Sekadau, Ny Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, Saat Menyematkan Baju Dokter Kecil Kepada Salah Seorang Peserta Pelatihan Dokter Kecil (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan pelatihan dokter kecil yang dilaksanakan mulai tanggal 5 April 2017 sampai 8 April 2017.

Kegiatan yang digelar di gedung PKK, Jl. Merdeka Timur tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sekadau, Djemain Burhan, Ketua TP PKK Sekadau, Ny Kristina Rupinus, Ketua GOW Sekadau, Ny Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, sejumlah guru pendamping serta narasumber.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ny Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dokter kecil ini merupakan salah satu program TP PKK Kabupaten Sekadau. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih sebanyak 30 anak yang merupakan anak – anak dari Sekolah Dasar di Sekadau Hilir.

“Kegiatan ini selain memberikan materi tentang kesehatan dan kebersihan, baik kesehatan gigi, makanan yang bergizi, juga kegiatan praktek seperti cuci tangan bersih,” ujarnya.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini, lanjutnya, untuk meningkatkan partisipasi hidup sehat di sekolah dengan harapan para dokter kecil ini dapat menjadi promotor hidup sehat untuk diri sendiri dan sekitarnya di lingkungan sekolah.

“Dapat menolong diri sendiri, keluarga dan sekitar lingkungannya. Dengan harapan anak-anak membawa prilaku sehat untuk Kabupaten Sekadau yang sehat, cerdas dan kuat,” tukasnya.

Sementara Kadis Pendidikan, Djemain Burhan menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini.

“Hal ini dikarenakan mendukung program pemerintah khususnya di pendidikan mengenai lingkungan sekolah bersih,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa mengubah kebiasaan dengan menjaga hidup bersih harus dimulai sejak dini.

“Tidak salah kegiatan ini dilaksanakan di tingkat SD. Dengan harapan kebiasan hidup bersih yang tertanam mulai dari anak sekolah dasar sehingga dapat dipertahankan dan ditanamkan dalam jiwa anak-anak sampai bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Ketua TP PKK Sekadau, Ny Kristina Rupinus mengatakan bahwa dalam pembukaan kegiatan dokter kecil ini merupakan mendukung program pemerintah. Menurutnya TP PKK Sekadau banyak menggelar kegiatan-kegiatan yang mendukung program pemerintah salah satunya yang sedang dilaksakanan ini.

Ia berpesan apabila kegiatan pelatihan dokter kecil sudah berakhir hasilnya dapat diimplementasikan oleh para dokter kecil sehingga dapat membantu guru dan teman di sekolah dalam gerakan hidup sehat sejak dini.

“Semoga dapat membagikan pengetahuan untuk teman-teman yang lain tentang kesehatan, kebersihan, gizi. Dan menjadi promotor hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada sekolah – sekolah di Sekadau Hilir yang sudah mengutus siswanya dalam kegiatan ini, serta Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan atas dukungannya.

Sementara salah seorang peserta dokter kecil, yakni Neira Lovena yang merupakan siswa kelas 4 SDN 02 Mungguk saat ditanya alasan mengikuti kegiatan mengatakan bahwa ia memiliki cita-cita menjadi dokter.

“Saya ingin jadi dokter, supaya bisa membantu orang sakit,” tutur gadis berusia 9 tahun ini sembari tersenyum lugu. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY