Bupati Sekadau, Rupinus Saat Menandatangani Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Kesehatan Dengan Fakultas Kedokteran Unhas (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus Saat Menandatangani Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Kesehatan Dengan Fakultas Kedokteran Unhas (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melakukan perjanjian kerjasama sama dengan Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan spesialis oleh dokter atau residen program pendidikan dokter spesialis (PPDS) senior di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sekadau.

Penandatangan perjanjian kerjasama ini dilaksanakan langsung di ruang kerja Dekan Fakultas Kedokteran Hasanudin Makasar, Selasa (28/2). Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh bupati sekadau, Rupinus, SH., M.Si selaku pihak pertama, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. dr. Andi Asadul Islam, Sp.B selaku pihak kedua.

Selain ditandatangani oleh Bupati dan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, kerjasama ini juga ditandatangani oleh Ketua DPRD Kabuapaten Sekadau, Albertus Pinus, S.Sos., M.Si sebagai pihak – pihak yang mengetahui dan menyetujui kerjasama ini.

Kerjasama ini juga ditandatangani oleh para saksi seperti Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Drs Yohanes Jhon, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Sekadau dan Ketua KPPS Fakultas Kedokteran Unhas.

Perjanjian kerjasama tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan ini diberi Nomor 445/24/I/RSUD-A/2017 dan Nomor 209/UN4.6/PM.05/2017.

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada pihak Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Makasar yang sudah bersedia melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sekadau menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Fakultas Kedokteran Universitas Unhas Makasar ini. Selama kurang lebih 4 tahun kita sudah melaksanakan kerjasama di bidang kesehatan untuk tenaga dokter spesialis ini sudah banyak masyarakat di Kabupaten Sekadau yang sudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Kami sungguh merasa terbantu dengan program kerjasama ini, untuk itulah pada tahun ini kita lanjutkan kembali kerjasama yang baik dan bermanfaat ini,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan perjanjian kerjasama ini adalah memberikan pelayanan kesehatan spesialis di RSUD Kabupaten Sekadau.

Disamping itu, lanjutnya, tujuan perjanjian kerjasama ini adalah sebagai kemitraan dalam pemberdayaan rumah sakit dan pengembangan penelitian di bidang kesehatan.

Ia juga mengatakan bahwa jangka waktu perjanjian kerjasama ini selama 2 (dua) tahun terhitung sejak penandatangan sampai 31 desember 2018 dan dapat diperpanjang apabila disepakati oleh pihak terkait.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. Dr. dr. Andi Asadul Islam, Sp.B dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan Fakultas Kedokteran Unhas dalam rangka penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Dijelaskan Prof. Andi bahwa berdasarkan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Sekadau  pihaknya siap memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di Kabupaten Sekadau khususnya pelayanan di bidang kesehatan.

“Semoga kerjasama yang sudah kita jalin dengan baik ini memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Sekadau khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus, S.Sos, MH mengatakan bahwa banyak peningkatan yang dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau atas jalinan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Makasar ini.

“Mudah mudahan kerjasama ini membantu kami, karena kalau adanya ketersediaan dokter spesialis tentu pelayanan semakin lebih baik. Kami mendukung program kerjasama ini, karena ini sangat penting bagi pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Perjanjian kerjasama ini ditandai dengan penandatanan naskah kerjasama serta dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis naskah perjanjian kerjasama dari Bupati Sekadau kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unhas dan sebaliknya dari Dekan kepada Bupati Sekadau.

Sejumlah Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau juga turut hadir mendampingi Bupati Sekadau. Hadir juga ketua DPRD Kabupaten Sekadau.

Pada kesempatan itu juga Bupati dan pihak Universitas Hasanudin saling bertukar cinderamata dan dilanjutkan dengan foto bersama. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY