Ketua DPC LSM LP3K RI , Rajali, SE (Foto: Ishaq)
Ketua DPC LSM LP3K RI , Rajali, SE (Foto: Ishaq)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kabupaten Kapuas Hulu siap mengawasi dan mengawal APBD Kabupaten Kapuas Hulu dan APBN tahun anggaran 2017.

Perlu diketahui, bahwa APBD Kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2017 cukup besar, maka peran masyarakat untuk mengawasi, mengawal dan memantau APBD sudah diamanatkan didalam Undang-Undang. Hal ini disampaikan Rajali, SE selaku Ketua DPC LSM LP3K RI dan juga Ketua DPC LSM Advokasi Rakyat Jaring Garuda NKRI Kabupaten Kapuas Hulu ini kepada KalbarOnline, Rabu (5/7).

Menurut Rajali, Kabupaten Kapaus Hulu tahun anggaran 2017 ini meluncurkan dana APBD khusus di bidang pendidikan yang cukup besar untuk beberpa item seperti rehabiltasi ruang belajar, pembangunan ruang kelas sekolah, pengadaan buku koleksi perpustakaan dan pembangunan laboratorium untuk sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu tingkat SD dan SMP.

“LSM kami ini akan fokus mengawal, mengawasi setiap anggaran yang bersumber dari APBD, APBN dan anggaran lainnya yang bersumber dari uang Negara,” kata Rajali.

Kami akan terus, mengawasi dan memantau perkembangan pembangunan yang menggunakan uang negara yang cukup besar, dan kami tidak mau anggaran yang dipergunakan tidak terserap pada porsi yang semestinya.

Sehingga dengan peran aktif dari masyarakat (LSM) untuk mengawasi setiap uang negara tersebut bertujuan mencegah terjadinya penyimpangan dan praktik-praktik Korupsi.

“Kontrol serta pengawasan dari LSM terhadap APBD maupun APBN terus kami lakukan secara optimal dan maksimal. Hasil dari pengawasan dan kontrol yang kami lakukan, akan kami laporkan ke DPP LSM LP3K RI dan DPP LSM Advokat Rakyat Jaring Garuda NKRI,” pungkas Rajali. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY