Bupati Kapuas Hulu Jadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul Fitri 1445 H

KalbarOnline, Putussibau – Apel gelar pasukan operasi terpusat di Kapuas Hulu dengan sandi Ops Ketupat Kapuas 2024, berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Kapuas Hulu, pada Rabu (03/04/2024). Bertindak selaku inspektur apel yakni Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan.

Hadir pada apel tersebut, Dandim 1206/PSB, Kajari Kapuas Hulu, perwakilan dari Pengadilan Negeri Putussibau dan Batalyon RK 644/WLS, kepala OPD Pemkab Kapuas Hulu, PJU Polres Kapuas Hulu dan kapolsek jajaran. Hadir pula sebagai peserta apel dari Satpol PP, BPBD, dishub, dinkes dan Saka Bhayangkara.

Ops Ketupat Kapuas 2024 sendiri bertujuan dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Sebagai inspektur, Bupati Fransiskus dalam kesempatan itu membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang mengatakan bahwa pentingnya sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Baca Juga :  Warga Kembali Tenang, 3 Pencuri Sapi di Desa Suka Maju Kapuas Hulu Berhasil Ditangkap

Operasi ini melibatkan 5.784 pos, termasuk pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang tersebar di jalur-jalur rawan, seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam serta di pusat-pusat keramaian. Pelayanan prima dan pengamanan optimal diharapkan dapat diberikan melalui pos-pos tersebut.

Selain mengamankan lalu lintas dan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM juga harus terjaga. Koordinasi antar-stakeholder harus ditingkatkan untuk menjaga stok dan harga tetap stabil.

Baca Juga :  Dihantam Hujan Deras, Akibatkan Tanah Longsor

Komunikasi publik yang efektif juga menjadi fokus, dengan menyediakan informasi yang diperlukan melalui berbagai saluran komunikasi agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman.

“Semua upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan mudik aman, ceria, penuh makna, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum hari raya Idul Fitri,” kata Fransiskus.

Kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, Polri mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat 2024.

“Sinergi antar stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” ungkapnya. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment