Ilustrasi Pelanggaran Lalu Lintas Yang Dilakukan Pengendara Yang Tertangkap CCTV Pemerintah Kota Pontianak (Foto: Ist)
Ilustrasi Pelanggaran Lalu Lintas Yang Dilakukan Pengendara Yang Tertangkap CCTV Pemerintah Kota Pontianak (Foto: Ist)

KalbarOnline, Singkawang – Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Sumastro mendorong penerapan program CCTV lalu lintas.

Menurutnya fasilitas dan mekanisme penggunaannya nanti juga harus disiapkan terlebih dahulu.

“Sepanjang perangkatnya disiapkan, saya siap mendukung itu, hanya saja, apabila CCTV lalu lintas itu sudah diberlakukan Command Centernya akan berada dimana. Apakah di Kantor Wali Kota atau di Diskominfo. Karena tidak mungkin Command Centernya di Dishub,” katanya.

Selain itu, menurutnya tentu kebijakannya nanti akan berada di leading sector yakni di Diskominfo. Tentunya jika diperkenankan untuk mengontrol, pihaknya akan berusaha sebaik mungkin.

“Tapi, kalau untuk mengontrol CCTV yang ada di jalan itu jelas ada di Dishub. Karena Dishub sebagai eksistensi pembinanya. Oke karena itu “control room” di Dishub itu harus ada juga mengenai skala kecilnya, karena control room di dinas inilah yang bertugas untuk memantau situasi jalan,” tukasnya.

Tetapi hal tersebut menurutnya tergantung dari kebijakan Diskominfo. Dirinya mengakui bahwa pihaknya sangat mendukung, sepanjang perangkat keras dan lunaknya serta infrastrukturnya terkoneksi ke pihaknya.

Menurutnya, sebagai leading sektor utamanya, Diskominfo yang mengatur akan ke arah mana kebijakannya.

“Menurut saya semua SKPD duduk satu meja dulu guna meletakkan skala prioritasnya sambil kita menyiapkan dokumen-dokumen mengenai program ini,” pungkasnya. (Mur/Lis)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY