Pj Gubernur Harisson Perpanjang Masa Bakti Sekda Definitif Kota Singkawang Sumastro

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson mengambil sumpah jabatan dan melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Singkawang, Sumastro, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (08/12/2023)

Pj Gubernur mengungkapkan, jabatan Sumastro sebagai Sekda Kota Singkawang ini ditambah masa baktinya selama 2 tahun ke depan. Sebelumnya, Sumastro menjabat selaku Sekda Singkawang pada tahun 2018 hingga 2023 (masa kerja 5 tahun).

“Jadi hari ini kita lakukan pelantikan perpanjangan masa jabatan Sekda Kota Singkawang, Pak Sekda Singkawang ini berakhir pada tanggal 18 Desember untuk masa kerja 5 tahun, dan kita sudah melakukan evaluasi terhadap kinerja Pak Sumastro dan beberapa juga calon lain juga kita lakukan evaluasi,” katanya.

“Tim evaluasi menilai bahwa Pak Sumastro masih layak untuk meneruskan jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kota Singkawang paling lama 2 tahun ke depan,” ungkap Harisson.

Sedangkan untuk jabatan Pj Wali Kota Singkawang yang kini juga diemban oleh Sumastro, Harisson mengaku pihaknya masih menunggu arahan ataupun Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Baca Juga :  Maskapai Penerbangan Diminta Persyaratkan Tes PCR ke Penumpang untuk Bisa Terbang ke Kalbar

“Untuk jabatan Penjabat Walikota Singkawang, kita (Pemprov Kalbar) masih menunggu SK dari Mendagri, apakah tetap Pak Sumastro yang diperpanjang atau memang ditunjuk Pejabat yang lain,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, jika nanti sudah ada arahan dari Mendagri dan Sumastro dinyatakan masih tetap menduduki jabatan sebagai Pj Wali Kota, maka dari Pemprov Kalbar hanya akan menyerahkan Surat Keputusan tanpa ada prosesi pelantikan kembali.

“Kalau sudah ada SK-nya dan memang tetap Pak Sumastro, kita tinggal menyerahkan SK-nya saja tidak ada acara pelantikan, tapi kalau memang ada pejabat lain yang ditunjuk menggantikan Pak Sumastro maka kita lakukan pelantikan Penjabat Walikota Singkawang,” tutupnya.

Sementara itu, Sekda Kota Singkawang yang saat ini menjabat sebagai Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menuturkan, dirinya akan terus berkoordinasi dengan jajaran birokrasi Pemerintah Kota Singkawang untuk terus mencapai target indikator kinerja utama.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Tugas Utama OJK: Beri Pemahaman Masyarakat Soal jasa Keuangan

“Sehingga patokan ini dalam perjalanan ke depan kita bisa pastikan tercapai dengan baik dan sehubungan pekerjaan dengan perencanaan dapat terealisasi dengan baik,” tutur Sumastro.

Selanjutnya, dirinya berharap perangkat daerah Pemerintah Kota Singkawang dapat bekerja lebih giat, disiplin dan berkolaborasi terhadap stakeholder lainnya.

“Dari 7 indikator utama yang diterapkan oleh kemendagri, diantaranya penyerapan anggaran, itu lebih ter-schedule dengan tepat dan mudah-mudahan tahun anggaran 2024 ini kita sudah mentradisikan tender sejak dini, sehingga awal tahun nanti Pengadaan Barang/Jasa sudah ada yang kita bisa realisasikan,” tutup Sumastro.

Dalam agenda tersebut turut dihadiri Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, Sekda Kota Singkawang, Aulia Chandra beserta Jajaran Pemkot Singkawang, Pj Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari Harisson, Pj Ketua TP-PKK Kota Singkawang, Sutirah Sumastro dan seluruh kepala perangkat daerah Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment