Sutarmidji Sebut Tugas Utama OJK: Beri Pemahaman Masyarakat Soal jasa Keuangan

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji menegaskan bahwa tugas utama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni bagaimana masyarakat sebanyak mungkin dapat terakses ke jasa keuangan terutama perbankan untuk meningkatkan kemampuan berusaha.

“Kemudian bagaimana sebanyak mungkin orang memahami tentang jasa keuangan, baru terlibat di jasa keuangan. Bagi yang sudah sudah terlibat langsung dalam jasa keuangan dianjurkan juga memahami betul tentang literasi, tentang perkembangan-perkembangan teknologi yang berkaitan dengan jasa keuangan,” tegasnya, saat diwawancarai usai menghadiri peresmian kantor OJK Kalbar,Selasa (13/11/2018).

Masih kata Sutarmidji, OJK memiliki tugas untuk mengawasi dan melindungi nasabah tugas lebih banyak. Padahal, menurutnya, hal itu termasuk pembinaan pada perbankan, misalnya MPL-nya atau kredit, macetnya cenderung meningkat. Kemudian melihat persaingan di perbankan yang tidak sehat, misalnya dalam urusan bunga.

Baca Juga :  Jokowi: Tanggul Pengendali Solusi Banjir Jangka Pendek

“Boleh-boleh saja bunganya jor-joran direndahkan, boleh saja. Karena itu menguntungkan konsumen. Intinya itu supaya orang mau menginvestasikan uangnya di jasa keuangan dan menggunakan uang yang ada di jasa keuangan untuk memperluas usaha mereka,” jelasnya.

Baca Juga :  Akan Optimalkan Peralatan dan Pelayanan Kesehatan, Ini Penjelasan Wawako Pontianak

“Kalau bunganya tinggi terus kita tak akan bisa bersaing dengan produk luar, masalahnya di Singapura, Hongkong dan lain sebagainya itu sudah dikisaran antara 2-3 persen saja bunga bank. Artinya, kalau orang mau buat usaha selisih bunga sudah 8-10 persen, bagaimana mau bersaing produk, kan itu masalah kita. Akhirnya, kita jadi pasarnya produk-produk orang dan kalau kualitas produknya bagus tidak masalah tapi kalau asal-asalan bagaimana,” pungkasnya.

Peresmian kantor OJK Kalbar ini juga ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Sementara Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono didapuk memotong pita peresmian. (Fat)

Comment