Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir Didampingi Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero Melaunching Logo Festival DSBK 2017 (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir Didampingi Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero Melaunching Logo Festival DSBK 2017 (Foto: Ishaq)

Festival TNDSBK 2017

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bertempat di Indoor Volli Putussibau, Jalan Gajah Mada, Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, dilaksanakan acara Launching Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (DSBK) 2017 yang di buka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, AM Nasir, SH, Rabu (24/5) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda, sejumlah Kepala SKPD Pemkab Kapuas Hulu, Instansi Pemerintah Pusat, lembaga BUMN, tokoh masyarakat dan para Kepala Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkegiatan di Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam laporannya, Ketua Panitia yang merupakan Kepala Balai Besar TNBKDS, Ir Arief Mahmud, M.Si, mengatakan bahwa Festival DSBK 2017 merupakan rangkaian berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan mulai bulan Mei 2017 dan puncak acaranya pada bulan Oktober 2017 yang akan dilaksanakan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Selain itu, lanjut Arief, kegiatan festival ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Pemerintah Pusat Balai Besar TNBKDS dan LSM (WWF Kalbar, Dian Tama, Riak Bumi, PRCF Indonesia, Kompakh, ASPPUK, Lanting Borneo, Sampan) dan masih banyak lembaga lainnya.

Sementara Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH dalam sambutanya mengatakan bahwa Kabupaten Kapuas Hulu merupakan destinasi utama di Provinsi Kalimantan Barat, hal ini ditopang oleh keberagaman dan keunikan budaya yang masih terjaga keasliannya sampai saat ini.

“Selain itu keindahan panorama alam, jenis tumbuhan dan satwanya yang khas dan endemik merupakan daya tarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu. Sebab, hal ini sangat selaras dengan kekuatan kepariwisataan di Indonesia yang banyak diminati yaitu budaya dan alam,” ungkapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Uncak Kapuas ini mengatakan bahwa melalui kegiatan Festival DSBK 2017 setidak-tidaknya Kabupaten Kapuas Hulu akan mendapatkan beberapa manfaat baik langsung maupun tidak langsung, yaitu terpromosinya daya tarik wisata di Kapuas Hulu khususnya Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum dan sekitarnya serta daya tarik pada situs-situs budaya yang ada di Kapuas Hulu.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara di Kapuas Hulu, menurut Bupati, implikasinya adalah peningkatan pendapatan masyarakat sekitar dan peningkatan PAD Kabupaten Kapuas Hulu, serta terbangunnya sarana dan prasarana wisata di Kapuas Hulu.

Seperti diketahui, berbagai agenda Festival DSBK 2017 yang akan dihelat sepanjang tahun 2017 ini adalah, Expo usaha produktif, makan dan kerajinan masyarakat, Gawai Nasrani, Gawai Dayak, serangkaian Workshop/Seminar/Syimposium, Festival Tembawang, Pekan Olahraga Kabupaten, Kemah Bakti Pemuda, The Autentic Heart of Borneo Music Festival, Trip Danau Sentarum By Kapal Bandung, Media Trip, Perahu Hias di Danau Sentarum, Touring The HoB Bikers Community.

Dalam pembukaan Festifal tersebut, Bupati Kapuas Hulu meluncurkan (launching) logo dan kalender event Festival Danau Sentarum Betung Karihun (DSBK) 2017. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY