Ilustrasi Kampung KB (Foto: Ist)
Ilustrasi Kampung KB (Foto: Ist)

Untuk mengendalikan lonjakan pertumbuhan penduduk

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus mengajak seluruh masyarakat Sekadau untuk mensukseskan program KB-Kes yang merupakan langkah pemerintah untuk menekan terjadinya lonjakan pertumbuhan penduduk.

Bupati mengatakan bahwa pertumbuhan penduduk harus bisa dikendalikan, sebab menurutnya apabila hal ini tidak segera diatasi maka akan terjadi lonjakan penduduk yang tak terkendali.

“Jika terjadi maka akan berdapak pada sejumlah sektor. Ini harus menjadi perhatian bersama. Harus ada sinergitas antara masyarakat dan pemerintah,” ujarnya saat membuka kegiatan pencanangan Kesatuan Gerak PKK KK-Kes di Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (3/10) kemarin.

Menurutnya, dalam mensukseskan program keluarga berencana tidak dapat diserahakan kepada pemerintah saja. Semua pihak harus turut serta bersama-sama mensukseskan program tersebut sehingga laju pertumbuhan penduduk dapat terkendali.

“Terutama masyarakat, peran bapak-bapak juga dituntut ber-KB. Bukan hanya ibu-ibunya saja,” tukasnya.

Menurutnya, Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya terus untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu, ia meminta agar posyandu diaktifkan dan petugas diharapkan dapat terus memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Periksa ibu hamil, anak diberikan imunisasi, timbang bayi dan ibu hamil setiap bulannya. Keberadaan posyandu sangat penting,” imbuhnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus sangat mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung pencanangan KB-Kes di Dusun Pangkin ini.

Menurutnya, pencanangan kampung KB merupakan agenda rutin yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

“Dalam pencanangan ini ada pengobatan gratis, pemasangan akseptor KB implant dan intra uterine device (IUD), cuci tangan hingga sunat massal,” tukasnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa melalui program pokok PKK masyarakat juga diajak lebih mengenal program unggulan tersebut.

“Setelah pencanangan ini, akan dilakukan pembinaan hingga evaluasi,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau  dan Forkopimda Kabupaten Sekadau dan perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau serta jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY