Kalbar Siap Sajikan Tarian Terbaik pada Gelaran Akbar di IKN

KalbarOnline, Pontianak – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara nasional akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Guna mempersiapkan event akbar tersebut, seluruh pihak pun berkomitmen untuk dapat berkontribusi dengan memberikan penampilan terbaik yang akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di hadapan dunia.

Tak terkecuali Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang mendapatkan kesempatan untuk mengisi berbagai acara pada perayaan HUT tersebut, salah satunya dengan penampilan tarian kolosalnya.

Sebanyak 64 peserta yang terdiri dari anak-anak dari seluruh wilayah Kalimantan Barat akan mengambil kesempatan dalam momen tersebut.

Kalimantan Barat sendiri memiliki kekayaan seni dan budaya yang luar biasa. Seni tari merupakan salah satu cabang seni di mana seni itu sendiri merupakan satu diantara 17 subsektor ekonomi kreatif yaitu seni pertunjukan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Kalimantan Barat memiliki branding dengan tagline “Rimba & Budaya” yang merupakan janji pariwisata Kalimantan Barat kepada dunia,” kata Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, saat membuka secara resmi audisi penari kolosal tersebut bertempat di Pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (11/05/2024).

Baca Juga :  Hasil Penilaian MCP KPK 2024, Kalbar Terbaik Ketiga se-Indonesia

“Bahwa Kalimantan Barat kaya akan alam dan budayanya yang masih murni, dan berbagai hal eksotis di dalamnya yang akan ditemui para wisatawan saat berkunjung ke daerah,” tambahnya.

Windy mengaku tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya, karena Kalbar terpilih untuk ikut berkontribusi nyata di Ibu Kota Nusantara. Hal ini karena seni tari cukup mendapat perhatian dari semua kalangan dan selalu dihadirkan dalam berbagai kegiatan, baik di pemerintahan maupun non pemerintahan, seperti event Kalbar Menari 2024 yang digelar beberapa waktu lalu di halaman Pendopo Gubernur Kalbar.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan bahwa kebahagiaan itu begitu besar dengan terpilihnya Kalimantan Barat untuk menampilkan tari kolosal pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Ibukota Nusantara, yang merupakan pelaksanaan HUT RI pertama kali di Ibu Kota Negara kita tercinta,” ucap Windy.

Baca Juga :  Meneruskan Pesan Presiden, Wali Kota Edi Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Santun

Melalui kesempatan ini, dirinya yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar  memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara kegiatan, para dewan juri dan pelatih serta pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini.

“Saya juga menyampaikan harapan kepada seluruh pihak untuk selalu bekerja sama dalam upaya untuk meningkatkan pengembangan sektor ekonomi kreatif di Provinsi Kalimantan Barat. Oleh karena itu, saya berpesan kepada adik-adik yang terpilih nantinya untuk memberikan penampilan yang sebaik-baiknya pada acara tersebut,” katanya.

“Adapun kepada adik-adik yang belum terpilih nantinya agar jangan kecewa dan terus melakukan yang terbaik,” sambung Windy.

Turut hadir pada acara tersebut, Pj Gubernur Kalbar Harisson yang secara langsung memberikan semangat pada peserta, pejabat struktural di Lingkungan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, para dewan juri dan pelatih, serta para peserta audisi. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment