Tim Penari Hasil Audisi Pemprov Kalbar Siap Meriahkan Rangkaian HUT 79 RI di IKN

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024, Istana Kepresidenan Republik Indonesia akan menyelenggarakan rangkaian upacara kenegaraan di halaman depan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berdasarkan Surat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nomor B/SD/29/PP.02.00/D.6/2024, meminta kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk berperan serta pada bidang kesenian khususnya penampilan tarian pada tanggal 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara.

Tarian adalah bagian dari seni pertunjukan yang merupakan salah satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang melibatkan gerakan tubuh yang teratur dan ritmis, yang seringkali disertai dengan musik dan kostum dan latar belakang yang sesuai. Tarian merupakan salah satu cara mengungkapkan emosi, cerita dan budaya.

Baca Juga :  BNPB Dinilai Hanya Cari Kambing Hitam Lewat Pencabutan Perda Membuka Lahan Berbasis Kearifan Lokal

Untuk berpartisipasi dalam penampilan tarian di IKN tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata melakukan penjaringan penari-penari terbaik Kalimantan Barat melalui audisi penari yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2024 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Kegiatan audisi tari diikuti 80 penari yang sudah mendaftar dari tanggal 8 April – 8 Mei 2024. Adapun peserta yang mengikuti audisi berasal dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat.

Hasil dari audisi yang dilakukan, telah terpilih tim penari dan selanjutnya akan melakukan latihan bersama untuk persiapan tarian sampai dengan keberangkatan di bulan Agustus 2024. Termasuk persiapan latihan kolaborasi dengan 4 tim penari dari 4 provinsi lainnya di Pulau Kalimantan.

Baca Juga :  MPR Dorong Guru Tanamkan Pendidikan Karakter lewat Empat Pilar

Audisi penari ini diharapkan tidak hanya untuk peran serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam rangkaian upacara kenegaraan di halaman depan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di bulan Agustus, tapi juga sebagai motivasi bagi pemuda dan pemudi Kalbar khususnya yang berkarya di bidang seni tari untuk selalu meningkatkan kualitas dan kompetensi di bidangnya sehingga semakin berkembang Seni Tari di Kalimantan Barat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment