Sekda Ketapang Ingatkan Pentingnya Disiplin Pegawai

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga tenaga kontrak di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang tentang pentingnya menjaga disiplin dalam bekerja.

Hal disampaikan Alexander saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Bupati Ketapang, Senin (22/01/2024).

“Disiplin itu contoh sederhananya yaitu dalam berpakaian harus rapi, seperti memasukkan baju ke dalam dan tidak memakai sepatu ket,” ucapnya.

Dijelaskan Alexander, kedisiplinan adalah suatu kondisi dimana seseorang mematuhi dan melaksanakan ketentuan, tata tertib, peraturan, nilai serta kaidah yang berlaku dengan kesadaran diri tanpa ada paksaan.

Baca Juga :  Wakil Bupati Ketapang Buka Pagelaran Seni dan Budaya Robo-Robo

“Kemudian, disiplin itu tak lain adalah peraturan tata tertib yang dilakukan secara tegas dan ketat. Kedisiplinan juga dapat diartikan sebagai keadaan yang taat kepada peraturan tata tertib,” jelasnya.

Tujuan kedisiplinan itu lanjutnya, untuk membentuk sikap dan perilaku. Kedisiplinan juga merupakan sebuah bentuk tanggung jawab dan pengendalian diri.

Baca Juga :  Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Pulang Kampung ke Ketapang

Oleh sebab itulah maka disiplin merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban.

“Dengan adanya kedisiplinan itu, maka secara otomatis juga akan menjamin adanya pengendalian dan penyatuan tekad, sikap dan tingkah laku demi kelancaran pelaksanaan tugas serta tanggung jawab yang diberikan,” pungkasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment