Wakil Bupati Ketapang Buka Pagelaran Seni dan Budaya Robo-Robo

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan membuka pagelaran Seni Budaya Robo-Robo di depan Ponpes Baitul Makmur, Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, Rabu (13/09/2023).

Rangkaian kegiatan robo-robo ini diselenggarakan dari tanggal 13 sampai tanggal 15 September 2023. Acara robo-robo merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan masyarakat Kabupaten Ketapang setiap akhir Rabu dari bulan Safar. Tujuannya untuk memanjatkan doa tolak bala, yang mana diyakini hari di akhir bulan Safar, Allah SWT turunkan 3200 bala malapetaka.

Wabup dalam kesempatan tersebut berharap, agar kedepan kegiatan robo-robo ini harus semakin meriah.

“Hari ini kita tidak bisa melaksanakan kegiatan robo-robo itu pada substansi yang sebenarnya saja, namun dengan demikian kita bisa mengkolaborasikan dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Farhan mengajak untuk terus melestarikan budaya-budaya lain sebagaimana melestarikan robo-robo.

Baca Juga :  Bersama KotaKu, Lima Kelurahan/Desa di Ketapang Dapat Rp1 Miliar

“Saya senang Kelurahan Kauman ini masih bertahan penduduk dan budaya aslinya. Jadi kita harus mampu mempertahankan ini, budaya ini karena dengan budayalah yang bisa mempersatukan kita,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Junaidi Firrawan mengatakan, untuk tahun 2024 kegiatan robo-robo ini dijadikan kalender tetap Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat agar kegiatan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Ketapang dapat berjalan sesuai target yang ditetapkan,” jelasnya.

Kadisparbud juga menuturkan bahwa kegiatan seni dan budaya robo-robo ini merupakan salah satu upaya dan langkah strategis pemerintah Kabupaten Ketapang dalam mengimplementasikan 10 proyek strategis daerah yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang.

Baca Juga :  Wabup Farhan Harap Rakerda MABM Lahirkan Inovasi untuk Kemajuan Ketapang

“Untuk tahun 2024 dan seterusnya kami mengharapkan kegiatan ini tidak hanya tersebar di 14 titik kabupaten Ketapang saja, tetapi seluruh Kecamatan yang ad di Kabupaten Ketapang akan kita fasilitasi melalui APBD Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Selain itu diadakan prosesi mandi safar.

Kegiatan tersebut bertambah meriah karena panitia acara menyediakan undian doorprize dan hadiah menarik bagi masyarakat yang hadir.

Tak lupa juga, dalam suguhan acara robo-robo ini turut dihidangkan salah satu makanan khas Ketapang yaitu Ketupat Colet.

Tampak hadir dalam kegiatan, Forkopimda Ketapang, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Camat Benua Kayong, Lurah Kauman, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment