Windy Sambangi Posyandu Kemala, Berikan Bantuan dan Edukasi Gizi Turunkan Stunting 

KalbarOnline, Kayong Utara – Pasca menjenguk para pasien pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Muhammad Jamaludin 1 Sukadana, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari menyambangi para ibu di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kemala Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara (KKU) Senin (15/01/2024).

Windy yang juga merupakan Pembina Posyandu Provinsi Kalbar itu menyampaikan, bahwa aksi turun ke posyandu ini merupakan tindakan nyata dalam upaya percepatan penurunan stunting. Di mana di posyandu tersebut, Windy memberikan edukasi gizi sekaligus bantuan sebanyak 250 butir telur ayam ke ibu-ibu.

“Kami memberikan bantuan 250 butir telur yang akan dibagikan oleh kader posyandu kepada orang tua untuk anak-anak, telur ini salah satu protein hewani yang harus diberikan kepada anak,” kata Windy.

Baca Juga :  Sekda Zaini Buka Festival Budaya Kapuas Hulu 2023: Gali dan Kenali Nilai Budaya

Dirinya mengungkapkan, terdapat tiga komponen yang wajib terkandung didalam satu mangkok Makanan Pendamping ASI (MPASI) yakni karbohidrat, protein hewani, dan lemak. Untuk protein hewani tersebut menurutnya salah satunya bisa didapatkan dari telur ayam.

Windy mengingatkan, agar upaya untuk mendorong peningkatan pengetahuan ibu-ibu harus terus digencarkan. Termasuk hal tersebut telah dicontohkannya dengan selalu memberikan edukasi gizi ke posyandu-posyandu di seluruh kabupaten kota se-Kalbar.

“Kita harus terus bergerak mengedukasi masyarakat dan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk menekan angka stunting di Kalbar,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Windy turut memberikan apresiasi kepada Posyandu Kemala Kecamatan Sukadana yang merupakan binaan Kepolisian Resor (Polres) Kayong Utara.

Aktifnya berbagai kegiatan di Posyandu Kemala Kabupaten dinilai Windy sejalan dengan inovasi sinergitas organisasi wanita dalam peningkatan pengetahuan gizi keluarga, ibu dan remaja putri (Sinita Penjaga Ibu Jari).

Baca Juga :  Konsumsi Ikan Sejak Masa Kehamilan untuk Mencegah Penyakit Stunting

“Posyandu Kemala binaan dari Polres Kayong Utara ini sejalan dengan inovasi kita Sinita Penjaga Ibu Jari,” ujar Windy.

Windy pun menyebut, kalau keberadaan Posyandu Kemala binaan dari Polres Kayong Utara bisa menjadi percontohan bagi posyandu lainnya. Lantaran pembinaan dan ketersediaan data yang dimiliki posyandu tersebut menurutnya sangat lengkap.

Dirinya pun berpesan kepada kader-kader Posyandu untuk lebih intens melakukan berbagai edukasi langsung menyasar ibu-ibu.

“Untuk kader posyandu saya berpesan agar lebih intens mengajak ibu ibu membawa ke posyandu, Saya titip tiga komponen utama harus diberikan kepada anak-anak kita,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment