Sekda Alexander Wilyo Pastikan Pembangunan GOR Ketapang Dimulai Tahun Ini

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menegaskan, bahwa pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Ketapang akan dimulai pada tahun 2024 ini.

Alexander menerangkan, pembangunan GOR ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang dalam mendukung kemajuan olahraga di Ketapang.

“Sesuai dengan statemen saya di banyak kesempatan, bahwa pemda ingin membangun GOR. Di tahun ini, keinginan tersebut mulai direalisasikan,” katanya kepada awak media, Senin (08/01/2024).

Alexander menyebutkan, bahwa Pemkab Ketapang telah mengalokasikan anggaran pembangunan awal GOR pada APBD 2024. Adapun lokasi yang akan dibangun menjadi GOR adalah eks Terminal Giri Kusuma di Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Harap Payak Kumang Juara Satu Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar

“Tahun ini alokasi anggaran Rp 5 Miliar untuk pembangunan pondasi awal GOR,” ungkapnya.

Alexander mengatakan, GOR tersebut didesain sedemikian rupa agar dapat dipergunakan untuk berbagai cabang olahraga dan kepentingan positif bagi daerah.

“Luas lahan kurang lebih 2 hektar. Biaya pembangunan full desain sekitar Rp 18,7 miliar,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut dia, tahap pembangunan GOR ini merupakan stimulan agar pemerintah pusat dapat memberi dukungan dana untuk pembangunan full desain.

Baca Juga :  Ribuan Rumah Warga di Sandai Ketapang Terendam Banjir

Alexander mengaku kalau dirinya juga sudah mengusulkan proposal pembangunan tersebut ke pemerintah pusat melalui Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, saat berkunjung ke Ketapang beberapa waktu lalu.

“Masyarakat Kabupaten Ketapang sudah lama mengidamkan adanya GOR. Hasrat itu juga sama dengan yang diinginkan Pemkab Ketapang dan keinginan tersebut sudah dibarengi dengan ikhtiar berkomunikasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini kementrian pemuda dan olahraga,” pungkas Alexander. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment