Tingkatkan Sinergi dengan Media, KPU Kayong Utara Gelar Media Gathering

KalbarOnline, Kayong Utara – Dalam rangka mensukseskan pemilu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara menggelar media gathering bersama para jurnalis Kayong Utara, di Ruang Rapat KPU Kayong Utara, Kamis, (07/12/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 7 jurnalis dari media cetak dan media elektronik. Dalam kesempatannya, Komisioner KPU, Abdul Khoir mengatakan, terdapat tahapan-tahapan menjelang pemilu tahun 2024 mendatang. Ia juga menyebutkan di Kabupaten Kayong Utara ada 18 Partai Politik (Parpol) yang sudah teregistrasi kepengurusannya.

“Tapi hanya ada 14 partai yang mengajukan pencalonan untuk calon anggota DPRD (Kabupaten Kayong Utara, red),” terang Abdul.

Baca Juga :  Warga Resah Truk Pengangkut Material Ugal-ugalan di Jalan Raya, Decky: Segera Tindak Sebelum Ada Korban Jiwa!

Abdul menyebutkan, pada tahapan menjelang pemilu tahun 2024, tentu adanya sedikit pergeseran kursi dari pemilu sebelumnya pada tahun 2019.

“Dapil Kayong Utara Kursi di DPR masih sama, kursinya 25. Ada sedikit pergeseran dari pemilu 2019,” katanya.

“Kalau 2019 kursinya hanya 5, tapi tahun 2024 kursinya nambah 1, dapat dari mana, itu dari Teluk Batang dan Seponti yang berkurang, Sukadana itu ada 5 nambah 1 jadi 6, Pulau Maya Karimata itu tetap 4, Teluk Batang Seponti 2019 itu 9, 2024 hilang 2, satu masuk ke Simpang Hilir yang awalnya 7 menjadi 8, satu lagi masuk ke Sukadana yang awalnya 5 menjadi 6,” papar Abdul.

Baca Juga :  Gelar Konsolidasi Kader, Partai Gelora Sintang Bersiap Hadapi Pemilu 2024

“Karena untuk menentukan jumlah kursi itu adalah jumlah kursi DPRD dibagi jumlah jiwa,” tambahnya lagi.

Selanjutnya, Abdul menerangkan, bahwa jumlah pemilih di Kabupaten Kayong Utara yang sudah beberapa kali dilakukan sortir, mulai dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), yaitu berjumlah 91.329 pemilih. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment