Kadisporapar Kalbar Apresiasi Pembukaan Kelam Tourism Festival Kabupaten Sintang

KalbarOnline, Pontianak– Kepala Disporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengapresiasi pembukaan Kelam Tourism Festival (KTF) Tahun 2023 pada Kamis (26/10/2023) di Kabupaten Sintang.

“Tentunya kita sangat mendukung event ini, diharapkan melalui event ini menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Sintang. Ketika banyak wisatawan berkunjung ke suatu wilayah, tentu akan memberikan dampak baik khususnya di sektor perekonomian masyarakat setempat,” ujar Windy.

KTF merupakan. salah satu event pariwisata unggulan Provinsi Kalbar yang dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun ini, KTF akan berlangsung sejak 26 Oktober 2023 hingga pada 4 November 2023. Berbagai rangkain acara akan dipusatkan di Kompleks Indoor Apang Semangai Sintang.

KTF sendiri diselenggarakan untuk mensosialisasikan keberadaan budaya, pariwisata, hasil industri, perdagangan serta peluang investasi di Kabupaten Sintang.

KTF juga menjadi salah satu event yang masuk dalam Calendar of Events Kalbar, yang mana telah mendapatkan bantuan pelaksanaan kegiatan dari Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf RI.

Adapun dukungan yang diberikan melalui Disporapar Provinsi Kalbar sebagai Satker Pariwisata di Provinsi Kalbar berupa berbagai fasilitas untuk menunjang dalam gelaran KTF dengan total bantuan senilai Rp 100 juta. Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Pj Gubernur Kalbar, Harisson kepada  Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Baca Juga :  Buka Paralympic Provinsi Kalbar ke-IV, Windy: Keterbatasan Bukan Hambatan

“Bantuan ini diberikan agar event KTF dapat dilaksanakan lebih meriah dan dapat bersaing dengan event nasional lainnya di Indonesia,” ujar Windy.

Windy juga mengajak peran pemuda untuk ikut terlibat dalam mempromosikan event di daerah masing-masing, agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Siapapun dengan mudah bisa ikut mempromosikan event tahunan yang ada di daerah masing-masing. Di sinilah peran pemuda dibutuhkan, mereka dengan mudah bisa membantu mempromosikan lewat media sosial pribadi mereka,” ujar Windy.

Windy menyampaikan, di KTF tahun ini, ada banyak sekali kegiatan yang digelar, termasuk pendakian Bukit Kelam melalui Ferrata pada 1 – 2 November 2023. Adapun peserta yang sudah mendaftar untuk ikut naik dari Mapala UI, Wanadri Bandung, Mapala Untan dan pendaki lokal.

Selain itu, akan ada field trip ke beberapa destinasi di Kabupaten Sintang, seperti Museum Kapuas Raya Sintang, Gunung Kelam ke Rumah Betang Ensaid Panjang. Lalu ke destinasi Jembatan Merah, serta Kobus Centre untuk melihat produk unggulan tenun ikat sintang pada 27 Oktober 2023.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Puji Komitmen Kalbar Kembangkan Sektor Pariwisata Ekonomi Kreatif

Pada 28 Oktober 2023, dilaksanakan kegiatan Bike to Kelam yang diikuti pecinta sepeda dari berbagai daerah di Kalbar. Pada 29 Oktober di dalam Sungai Kapuas fishing tournament dengan pendaftar sudah mencapai 1.700 orang.

Pada 30 Oktober, digelar lomba melukis Gunung Kelam yang berlokasi di Jembatan Merah Rumah Kopi Bupati Sintang. Pada 31 Oktober dilanjutkan dengan lomba foto Gunung Kelam dan pembuatan cinderamata dengan ikon Gunung Kelam dan kapal motor bandung, entuyut dan bujang beji.

Selanjutnya, pada 3 November, digelar overland offroad bersama IOF Kalbar dan komunitas mobil lainnya selama 2 malam, serta senam sehat massal di Kelam Permai.

Lalu pada 4 November 2023, akan dilaksanakan Air Gun yakni Kejuaraan Menembak bersama Perbakin Sintang. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment