Kumpul Bareng Disporapar Kalbar, Luncurkan Kalbar Connext hingga Donor Darah dan Diskusi Politik

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2023, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar acara “Ngumpul Bareng Pemuda Kalbar” di Gedung Garuda, Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan tersebut dimulai dengan Pelantikan Forum Pemuda Pelopor Indonesia (FPPI) Kalbar dan sekaligus donor darah. Setelah itu digelar sesi dialog I terkait “Peran Pemuda dalam Pembangunan Politik” dengan narasumber  Kolonel Cpl Suwadi yang juga Kabag Operasi BIN Daerah Kalbar.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Pembukaan Bimtek Kewirausahaan Pemuda dan Sertifikasi Profesi Fotografer. Setelah itu dilakukan peluncuran Kalbar Connext yang secara simbolis dilakukan oleh Penjabat (Pj) Sekda Kalbar, Mohammad Bari dan Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari.

Acara lalu berlanjut dengan sesi dialog II yang mengangkat tentang “Pemuda Peduli Stunting dan Kesehatan Reproduksi”. Sesi ini dikawal oleh narasumber Nevita, dengan materi cegah stunting sejak dini pada remaja, dan Fitri Vidyastuti yang menyampaikan materi terkait kesehatan reproduksi remaja.

Lalu, pada pada sesi dialog III, membahas terkait bagaimana “Menggali Suara/Ide Anak Muda Untuk Kalbar Mendunia”. Sesi ini menghadirkan narasumber dari pemuda berprestasi, yakni Indra Dwi Prasetyo (Program Direktur Bule Ocean Strategy Fellowship Sampurna Univercity), dan Sita Masita (owner 101 Coffee House).

Dalam sambutannya, Pj Sekda Provinsi Kalbar, Mohammad Bari berharap pemuda-pemudi Kalbar mampu membawa nama baik Kalimantan Barat ke tingkat Nasional maupun Internasional melalui Prestasi-prestasi yang sudah diwujudkan.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bupati Sampaikan Amanat Menpora RI

“Salah satunya melalui Kalbar Connext inilah yang akan mengkoordinasikan anak muda Kalbar untuk bisa terhubung dengan program-program pelatihan, mentoring, dan kompetisi dalam jaring Kalbar Connext,” katanya.

Dirinya menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan “Ngumpul Bareng Pemuda Kalbar” ini untuk memotivasi serta mendukung pengembangan anak muda di Kalbar.

“Kegiatan ‘Ngumpul Bareng Pemuda Kalbar’ ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemprov Kalbar dalam memberikan edukasi, dorongan dan motivasi positif serta mendukung pengembangan anak muda di Kalbar melalui sebuah ekosistem inovasi,” kata Bari.

Ia pun menyampaikan, bahwasanya banyak sekali pemuda-pemuda Kalbar yang berprestasi di tingkat nasional. Ia berharap akan semakin banyak lagi kedepannya.

“Mudah-mudahan yang lain dapat menyusul untuk berkiprah di tingkat nasional bahkan internasional,” kata Bari sembari mengingatkan kepada pemuda-pemuda Kalbar untuk terus menggali informasi serta potensi sehingga dapat bersaing guna mendukung pembangunan di Kalimantan Barat.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, bahwa kegiatan “Ngumpul Bareng Pemuda Kalbar” ini merupakan rangkaian kegiatan hari Sumpah Pemuda ke- 95 tahun 2023.

Ia menyebut, Kalbar Connext yang baru saja diluncurkan itu merupakan sebuah ekosistem inovasi yang mendukung pembangunan anak muda di Kalimantan Barat dengan cara menjejaringkan anak muda potensial Kalbar dengan berbagai sektor baik di level nasional dan internasional.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Kreatifitas Kuliner Pontianak Luar Biasa

“Melalui program-program pelatihan, mentoring dan kompetisi, kita harapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kalbar, dan membuka peluang-peluang baru bagi anak muda Kalimantan Barat untuk berkarya dan berinovasi,” ujar Windy.

Beberapa program unggulan Kalbar Connext, diantaranya Connext-Skill, Connext-Ship, Connext-Mentor, Connext-Social dan Connext-Preneur.

Kalbar Connext yang diinisiasi oleh Disporapar Kalbar sendiri dibuat sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap anak muda Kalbar, bahwa pemuda Kalbar bisa dan layak untuk berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Dengan harapan, dapat tercipta berbagai peluang di bidang pendidikan, pelatihan, kerja, dan keterlibatan dalam kegiatan sosial, dan inovatif.

Lewat Kalbar Connext itu juga para pemuda yang ingin turut berpartisipasi dalam membangun daerah bisa ikut berkomunikasi.

“Ini akan menampung aspirasi dari para pemuda Kalbar yang ada di luar Kalbar yang mana mereka ingin ikut membangun Kalbar mereka akan berkomunikasi dalam satu media yang kami namakan Kalbar Connext,” terangnya.

“Jadi untuk acara puncak HSP akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023, dimulai dengan upacara Bendera peringatan HSP ke- 95, dilanjutkan dengan acara pentas Kreasi Pemuda di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment