Tak Terima Sering Dimaki, ABK Nekat Tusuk Kapten Kapal Perkasa Abadi Tiga

KalbarOnline, Kayong Utara – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kayong Utara mengungkap kasus tindak pidana percobaan pembunuhan km yang dilakukan oleh Anak Buah Kapal (ABK) kepada kapten Kapal Motor (KM) Perkasa Abadi Tiga di Kecamatan Kepulauan Karimata, Kayong Utara.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Achmad Dharmianto menyampaikan, kejadian itu berlangsung pada Sabtu (02/09/2023) sekira pukul 02.00 WIB dini hari. Kapal saat itu berada di perairan laut utara, 42 mil dari Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

“Saat itu korban sedang tertidur di ruang kemudi kapal, saat itu bangun terkejut TSK (tersangka) berinisial HD melakukan penusukan berupa penikaman atau penganiayaan dengan 1 buah pisau miliknya ke arah kepala bagian belakang korban sebanyak 5 kali,” katanya, Rabu (13/09/2023).

Baca Juga :  Pesan Kapolri buat 8 Kapolda yang Baru Dilantik: Jaga Netralitas hingga Tegakkan Prokes  

Hal itu disampaikan AKBP Achmad saat menggelar jumpa pers dengan didampingi Kasatreskrim, IPTU Hendra dan Kasatresnarkoba, IPTU Ronald Wahyu.

“Saat itu korban terkejut dan berusaha menahan pisau yang dipegang oleh tersangka. Sehingga mengakibatkan luka pada tangan sebelah kiri korban,” tambahnya.

Kapolres menerangkan, motif perbuatan nekat pelaku ialah karena merasa sakit hati, lantaran sering dimaki dengan kata-kata yang tidak pantas.

Baca Juga :  Antisipasi Karhutla, Polsek Seponti Rutin Lakukan Patroli

Kasatreskrim IPTU Hendra menerangkan, bahwa pelaku berasal dari Pulau Jawa, kemudian direkrut untuk bekerja di kapal KM Perkasa Abadi Tiga.

“Korban adalah kapten kapalnya, pada saat kejadian memang mengalami luka yang cukup parah, sehingga harus dilarikan ke pulau terdekat untuk dapat pertolongan di puskesmas,” jelasnya.

Atas perbuatannya, HD kini dijerat dengan Pasal 338 KUHPidana, Pasal 53 KUHPidana dan Pasal 351 ayat 1 KUHPidana. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment