Ngabuburit di Tepian Sungai Kapuas, Windy Masak dan Santap Kuliner Khas bersama 100 Anak Kampung Caping

KalbarOnline, Pontianak – Program Ramadhan Disporapar Peduli terus berlanjut, dengan menggelar aksi sosial berbagi masakan dan minuman kepada 100 anak tepian Sungai Kapuas di Kampung Caping, Gang Mendawai, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak, Kota Pontianak, Rabu (20/03/2024) sore.

Aksi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari.

Kepada awak media, Windy menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antara Disporapar Provinsi Kalbar, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar dan Rumah Zakat Kalbar.

“Kegiatan hari ini merupakan salah satu rangkaian dari aksi-aksi sosial yang sudah kita laksanakan sejak kemarin (sejak awal Ramadhan, red),” ujarnya.

Windy menyampaikan, bahwa aksi sosial ini sekaligus pula bertujuan mengangkat kuliner khas Kalimantan Barat, di mana menu makanan yang dimasak langsung di lokasi tersebut ialah kwetiau goreng yang dipadukan dengan minuman es kodok-kodok.

Baca Juga :  Begini Respon Hasto dan Mensos Juliari Terkait Surat Rahasia Soal PKH yang Bocor

“Kuliner kwetiau goreng ini memang sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu kuliner yang sangat dicari-cari wisatawan ketika datang ke Kalbar, khususnya kalau ke Kota Pontianak. Selain itu kita juga buat minuman segar, yaitu es kodok-kodok untuk berbuka puasa,” kata Windy.

Kegiatan memasak kuliner khas tersebut sengaja dilakukan sore hari menjelang Maghrib, sembari mengisi waktu jelang berbuka puasa atau ngabuburit dengan sambil menikmati keindahan Sungai Kapuas di saat matahari tenggelam.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, selain sebagai aksi sosial, juga dalam rangka mempromosikan kuliner Kalbar,” ucapnya.

Seperti diketahui, bahwa Disporapar Kalbar mempunyai sejumlah program sosial bertajuk “Disporapar Peduli” yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan 2024 ini. Untuk beberapa program diantaranya, Disporapar Kalbar menggandeng TP PKK Kalbar dan juga Rumah Zakat Kalbar.

Baca Juga :  Pj Ketua TP PKK Kalbar Ajak Ibu-ibu Bawa Anak Imunisasi JE

Adapun program-program sosial yang bergulir selama Ramadhan ini antara lain, pembagian paket-paket takjil kepada masyarakat dan pengguna jalan, pemberian bantuan sosial berupa paket sembako ke dhuafa, program belanja baju lebaran untuk anak-anak yatim dan anak-anak penyandang thalasemia, memasak makanan dan berbagi dengan anak-anak di tepian Sungai Kapuas, melakukan promosi kuliner dan destinasi wisata serta ngabuburit.

Selain beberapa program tambahan yang dilaksanakan selama Ramadhan ini, Disporapar Peduli juga tetap menjalankan program menjadi orang tua asuh bagi anak-anak stunting di Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment