Harisson dan Windy Panen Cabai Rawit di Desa Menyabo Sanggau

KalbarOnline, Sanggau – Usai menanam cabai di Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Windy Prihastari melanjutkan kunjungan kerja di Kabupaten Sanggau dengan mengikuti panen cabai rawit di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Rabu (6/12/2023) siang.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur, dan rombongan memanen langsung cabai rawit bersama anggota Kelompok Tani (Poktan) setempat.

Tanaman cabai yang dipanen, tampak sangat subur. Dimana di setiap satu pohonnya terdapat ratusan cabai rawit dengan ukuran yang cukup besar.

Baca Juga :  Panitia Gawai Dayak Nosu Minu Podi Terus Matangkan Persiapan Pelaksanaan

Harisson dan Windy Panen Cabai Rawit di Desa Menyabo Sanggau 2

“Jadi kita sekarang di Desa Menyabo, saya memanen cabai rawit, di sini ada lima hektare (total kebun cabai),” ungkap Harisson kepada awak media.

Harisson melanjutkan, dalam satu hektare lahan di sana, terdapat sekitar enam ribu pohon cabai. Sementara produksinya, per hektare bisa menghasilkan sekitar tiga ton cabai. Dengan waktu panen dua kali dalam seminggu, artinya dalam seminggu ada enam ton cabai yang dihasilkan.

Baca Juga :  TP PKK Kalbar Inisiasi Berbagai Program Pola Hidup Sehat Turunkan Stunting

“Nah hasil panen di sini ada yang dikirim ke (kota) Sanggau untuk kebutuhan masyarakat Sanggau, ada yang ke Pontianak. Ini yang kami harapkan dari masyarakat (poktan) ada menanam cabai untuk memunuhi kebutuhan di Kalbar,” katanya.

Orang nomor satu di Kalbar itu melihat, potensi pertanian di Desa Menyabo sangat baik. Cabai-cabai bisa tumbuh subur, sehingga masyarakat tertarik untuk menanamnya.

“Sekaligus bisa mensejahterakan masyarakat (petani). Ini yang mau digalakkan lagi, agar masyarakat terus menanam cabai,” pungkasnya. (Jau)

Comment