by

TMMD Regtas ke-104 Kodim 1204/Sanggau Resmi Dimulai, Ini Harapan Bupati Paolus

Melalui TMMD, Kodim Sanggau bangun infrastruktur guna kesejahteraan masyarakat desa

KalbarOnline, Sanggau – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan (Regtas) ke-104 Kodim 1204/Sanggau tahun anggaran 2019 resmi dimulai.

Pembukaan TMMD yang mengusung tema ‘melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan Negara guna mewujudkan ketahanan nasional’ tersebut dirangkai melalui upacara yang dipusatkan di lapangan bola Moroi, Desa Sebongkuh, Kecamatan Kembayan, Sanggau, Selasa (26/2/2019) pagi.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP., M.Si didapuk menjadi inspektur upacara. Turut hadir Kasrem 121/Abw, Kolonel lnf Achmad Sholihin beserta istri, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kodam Xll/Tpr, Kolonel lnf Asep Nurdin, Ketua DPRD Sekadau, Jumadi, S.Sos, Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau, H. Joni Irwanto, S.IP, Dandim 1204/Sanggau, Letkol lnf.Herry Purwanto, S.Sos, Kepala OPD Kabupaten Sanggau.

Kemudian, Kabakop Polres Sanggau, Agus, S.IK, Danyon Yonif 642/kps, Mayor lnf.Condro, Kepala Imigrasi Klas ll Sanggau, Tjatur Soemardiyanto, Kapolsek Kembayan, AKP Pahlawan, Camat Kembayan, Inosensius Nono, Camat se-Kabupaten Sanggau, Ketua Persit Kartika Candrakirana Cabang XLVlll Kodim 1204/Sanggau, Ny. Lina Herry Purwanto, para Kades, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama, para siswa SMA, SMP dan SD Kecamatan Kembayan serta masyarakat Kembayan.

Kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat dan para tamu undangan yang diawali dengan prosesi pemancungan buluh muda oleh Bupati Sanggau.

Penyerahan sarana dan pra sarana kerja secara simbolis oleh Bupati Sanggau selaku inspektur upacara kepada perwakilan Anggota TNI dan Pemerintahan Desa.

Daerah sasaran TMMD Regtas ke-104 thn 2019, di wilayah Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau meliputi tiga desa yaitu Desa Sebongkuh, Desa Semayang dan Desa Tanjung Bunga.

Sasaran kegiatan fisik untuk peningkatan jalan dari Desa Sebongkuh menuju Desa Semayang dan Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Kembayan sepanjang 19.6 kilometer, pembangunan jembatan kayu 1 unit ukuran 4×4 meter, pembangunan jembatan kayu 1 unit ukuran 4×12 meter dan perehaban jembatan kayu 1 unit ukuran 4×16 meter.

Adapun kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan karhutla, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, kegiatan KB Kes dan kegiatan bhakti sosial, pemutaran film penerangan dan hiburan rakyat.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI atas segala upayanya dalam melaksanakan pembangunan desa.

“Terimakasih kepada pihak TNI atas segala upaya dalam melaksanakan pembangunan desa, yang mana ada tiga pembangunan jembatan yang dibangun oleh TNl manunggal membangun desa dan saya harap tidak ada upaya masyarakat untuk menghambat pembangunan desa yang akan dilaksanakan seperti sekarang ini. Akan tetapi perlu gotong royong bersama masyarakat agar hasilnya bisa maksimal dan berjalan dengan lancar,” tukasnya.

“Seperti yang kita ketahui salah satu dari visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu Sanggau maju infrastruktur. Untuk mendukungnya diperlukan pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur dibidang jalan, jembatan, bangunan gedung, air bersih, perumahan maupun irigasi. Adapun yang menjadi prioritas diantaranya adalah pembangunan jalan dan jembatan dengan tujuan untuk meningkatkan akses antar daerah/desa, memperlancar transportasi barang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” timpalnya.

“Pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Sanggau selama ini dibiayai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN yang didukung oleh berbagai pihak, salah satunya adalah TNI melalui program TNI manunggal membangun desa (TMMD),” timpalnya lagi.

Secara umum, lanjut dia, tujuan TMMD adalah untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan ke manunggalan TNI dengan rakyat.

“Perlu kami sampaikan bahwa selama ini telah terjalin kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dengan TNI melalui Kodim 1204/Sanggau dalam rangka penanganan jalan dan jembatan dalam bentuk kegiatan TMMD. Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dan TNI berharap masyarakat juga berperan dan partisipasi aktif dalam mendukung keberhasilan program TMMD ini,” jelasnya.

Pembukaan turut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Paolus sebagai tanda kegiatan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan (Regtas) ke-104 Kodim 1204/Sanggau tahun anggaran 2019 resmi dimulai.

Kegiatan dilanjutkan dengan ritual Adat Dayak (Mudas) dan dilanjutkan ke Posko TMMD guna pengecekkan data-data TMMD Regtas ke-104  Kodim 1204/Sanggau Tahun 2019. (WWP)

Comment

News Feed