Usai Tanam Cabai di Pedalaman, Harisson-Windy Lanjut Panen Rawit di Desa Menyabo Sanggau

KalbarOnline, Sanggau – Usai melaksanakan penanaman cabai di Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari melanjutkan kegiatan panen cabai rawit di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Rabu (06/12/2023) siang.

Tanaman cabai yang merupakan hasil kelompok tani (poktan) setempat itu tampak sangat subur. Di mana di setiap satu pohonnya terdapat ratusan cabai rawit dengan ukuran yang cukup besar.

Baca Juga :  Bupati dan Wabup Sanggau Hadiri Pemberkatan Gereja Santo Yosef Stasi Mandong

“Jadi kita sekarang di Desa Menyabo, saya memanen cabai rawit, di sini ada lima hektare (total kebun cabai),” ungkap Harisson kepada awak media.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari melakukan panen cabai rawit di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Rabu (06/12/2023). (Foto: Jauhari)
Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari melakukan panen cabai rawit di Desa Menyabo, Kecamatan Tayan Hulu, Rabu (06/12/2023). (Foto: Jauhari)

Harisson melanjutkan, dalam satu hektare lahan di sana, terdapat sekitar enam ribu pohon cabai. Sementara produksinya, per hektare bisa menghasilkan sekitar tiga ton cabai. Dengan waktu panen dua kali dalam seminggu, artinya dalam seminggu ada enam ton cabai yang dihasilkan.

“Nah hasil panen di sini ada yang dikirim ke (kota) Sanggau untuk kebutuhan masyarakat Sanggau, ada yang ke Pontianak. Ini yang kami harapkan dari masyarakat (poktan) ada menanam cabai untuk memenuhi kebutuhan di Kalbar,” katanya.

Baca Juga :  Pemkab Sanggau Lepas Keberangkatan Atlet FLS2N Tingkat SMK Untuk Bertarung di Tingkat Provinsi

Harisson menilai, potensi pertanian di Desa Menyabo sangat baik, di mana cabai-cabai bisa tumbuh subur, sehingga masyarakat tertarik untuk menanamnya.

“Sekaligus bisa mensejahterakan masyarakat (petani). Ini yang mau digalakkan lagi, agar masyarakat terus menanam cabai,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment