Bupati Martin Pantau Pelayanan Kesehatan Gratis Desa dan Rencana Pembangunan Jembatan Pawan 6

KalbarOnline, Ketapang – Direncanakan, akan segera dilakukan pembangunan Jembatan Pawan 6 yang menghubungkan Desa Makmur Abadi, Kecamatan Sungai Melayu Rayak dan Desa Ulak Medang, Kecamatan Muara Pawan.

Harapan Bupati Ketapang, Martin Rantan, dengan adanya jalan lingkar kabupaten dan Jembatan Pawan 6 itu, dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat Kabupaten Ketapang.

Rencana strategis tersebut disampaikan Martin saat melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka peninjauan program pelayanan kesehatan gratis dan pelantikan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa se-Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kecamatan Jelai Hulu dan Kecamatan Pemahan tahun 2023, pada Sabtu (10/09/2023).

Melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Ketapang, Heryandi mengatakan, acara pelantikan ini menandai awal dari peran yang sangat penting dalam menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan pembangunan di desa.

Dalam kesempatan tersebut, ia kembali  mengulas proyek strategis daerah Kabupaten Ketapang yang merupakan turunan dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yakni melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera, yang mana proyek tersebut telah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ketapang periode 2021 – 2026.

Baca Juga :  Bupati Ketapang Ucapkan Terima Kasih Atas Dedikasi Guru dari Pulau Timur

Adapun 10 proyek strategis tersebut adalah pembangunan food estate dan kawasan agropolitan Kabupaten Ketapang Kawasan Potensial Cepat Tumbuh (KPCT) Kuala Tolak – Kuala Satong, optimalisasi bandara Rahadi Oesman, penataan pelabuhan dan dermaga, peningkatan ruas jalan kabupaten, pembangunan ruas jalan baru dan Jembatan Pawan 6.

Selanjutnya, pengembangan desa fokus dan desa mapan, pendirian perguruan tinggi Ketapang, peningkatan tipe rumah sakit, pelestarian dan pengembangan budaya daerah serta persiapan pembentukan daerah otonomi baru.

“Kami berharap kepada seluruh pemangku kepentingan, para kepala perangkat daerah, para camat dan para kepala desa seluruh elemen untuk dapat berpartisipasi dan mendukung 10 proyek strategis daerah, demi terwujudnya Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sah, UMK Ketapang 2023 Rp 3.085.615 Buruh: Alhamdulillah Keinginan Buruh Terealisasi

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang yang diwakili Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Norberta Berti Robert mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK Desa yang telah dilantik dan berharap dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

“Sukseskan pelaksanaan sepuluh program pokok PKK, berdayakan keluarga sesuai dengan wilayah kerjanya hingga ke tingkat dasa wisma,” ucapnya.

Norberta mengingatkan kepada seluruh kepala desa sebagai ketua pembina TP PKK desa untuk memberikan dukungan dan bimbingan dalam melaksanakan sepuluh program pokok PKK.

“Ada sepuluh program PKK antara lain, penurunan angka stunting melalui peningkatan kader posyandu, pemberian makanan tambahan dan pemberian vitamin. Kedua, penguatan ekonomi keluarga melalui pemberian bantuan dan pembinaan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K),” pungkasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment