Buka Pentas Seni Budaya, Wabup Farhan Harap Flobamora Ketapang Tetap Kompak

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Farhan menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pentas Seni Budaya & Pameran Flobamora Ketapang yang diadakan oleh Perkumpulan Pemuda Flobamora Ketapang (PPFK) Ketapang, di Gedung Pancasila Ketapang, Jumat (08/09/2023).

Wabup dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada keluarga besar Flobamora (Flores-Sumba-Timor-Alor) Ketapang dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pentas seni budaya dan pameran Flobamora Ketapang ke-1 tahun 2023 dan pengurus Flobamora Kabupaten Ketapang.

“Semoga keluarga besar Flobamora Kabupaten Ketapang semakin kompak, bersatu dan bersinergi dengan baik dengan semua lapisan masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama membangun Kabupaten Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera,” ujarnya.

Mengutip dari perkataan mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid, bahwa kemajemukan harus bisa diterima, tanpa adanya perbedaan. Wabup pun berharap, masyarakat Kabupaten Ketapang bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah Kabupaten Ketapang menyimpan potensi budaya multi etnis yang merupakan aset yang tak ternilai harganya.

Baca Juga :  Kasus Narkoba Marak, Pembentukan BNN di Ketapang Makin Mendesak

Ia menyampaikan, pentas seni budaya dan pameran Flobamora Ketapang ini, selain sebagai sarana pelestarian budaya juga dapat menumbuhkan pola komunikasi baik dan efektif antar paguyuban atau kelompok budaya dengan pemerintah daerah, masyarakat maupun dengan lembaga lain.

“Yang pada akhirnya akan tercipta keharmonisan di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Sementara itu, Penasihat PPFK Ketapang, Maximus M Warut berharap, dengan adanya kegiatan budaya ini dapat mematahkan stigma masyarakat khususnya Kabupaten Ketapang mengenai masyarakat Flobamora yang tidak terlepas dari minuman-minuman beralkohol.

Baca Juga :  Wabup Farhan Ingin Pengurus LPTQ Ketapang Bersama Majukan Organisasi

“Kami berupaya supaya citra itu akan hilang, kita membina kepada masyarakat NTT yang ada di Kabupaten Ketapang ke arah yang lebih baik ke arah yang pembangunan ekonomi untuk memajukan Kabupaten Ketapang itu sendiri, di samping untuk mereka sendiri,” harapnya.

Kegiatan Pentas Seni Budaya & Pameran Flobamora Ketapang mengangkat tema “Budaya Satukan Kita Semua” dan akan berlangsung selama 2 hari terhitung tanggal 8 hingga 9 September 2023, di Gedung Pancasila dan Halaman Kantor Bupati Ketapang.

Adapun rangkaian acaranya adalah karnaval budaya Flobamora, lomba fashion show Flobamora dan umum untuk tingkat SMA/SMK, Lomba vocal group, lomba tarian tradisional dan pertunjukan tarian tradisional (CACI) dari Kabupaten Manggarai, NTT. ( Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment