Jadi Inspektur Upacara Hari Berkabung Daerah, Wabup Ketapang Bacakan Pidato Pj Gubernur Kalbar

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang memperingati Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat dengan menggelar upacara bendera di halaman Kantor Bupati Ketapang, pada Jumat (28/06/2024) pagi.

Dalam peringatan itu, Wakil Bupati Ketapang, Farhan yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan pidato sambutan Pj Gubernur Kalimantan Barat.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat yang mempertahankan bangsa dan negara dari penjajahan Jepang di Bumi Khatulistiwa, Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Farhan.

Selain itu disampaikan, upacara ini merupakan salah satu cara untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa akan perjuangan masyarakat Kalbar melawan kekejaman penjajah, khususnya pada masa penjajahan Jepang di Kalimantan Barat.

“Upacara Hari Berkabung Daerah, yang kita laksanakan hari ini sejalan dengan ungkapan para pendahulu kita yang sering dikenal dengan ungkapan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” ucapnya.

Dengan ungkapan tersebut di atas, Wabup Ketapang menyebut, sudah sepantasnya generasi penerus cita-cita bangsa, patut bersyukur bisa menikmati alam kemerdekaan seperti yang dirasakan bersama saat ini, karena para pendahulu merebut kemerdekaan dengan pengorbanan yang luar biasa, baik harta, jiwa, maupun raga.

Baca Juga :  Usai Diresmikan Presiden, Harisson Harap Bandara Singkawang Segera Berfungsi

“Oleh karena itu, Hari Berkabung Daerah yang kita peringati pada hari ini (setiap tanggal 28 Juni) dilaksanakan dengan mengedepankan upaya menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan dan bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya, untuk kemudian diimplementasikan dalam membangun dan mempersatukan masyarakat Kalimantan Barat, khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” paparnya.

Wabup berharap, agar semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukkan oleh para pendahulu kita, hendaknya dapat dihayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu semua dalam mengisi kemerdekaan ini.

Hari Berkabung Daerah tahun 2024 ini mengangkat tema “Meneruskan Cita-cita Pahlawan Adalah Bukti Kepedulianku Terhadap Bangsa dan Negara”. Wabup berharap momentum ini hendaknya dapat meningkatkan semangat generasi muda untuk membangun negeri dengan dasar rasa kecintaan terhadap tanah air, kepedulian dan kebersamaan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam mengatasi berbagai masalah yang melanda Bangsa ini.

Ia melanjutkan, saat ini berbagai permasalahan yang dihadapi mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, keterpencilan, kesehatan, pendidikan sampai pada bencana alam serta masalah sosial lainnya, bersama-sama memerlukan perhatian dan keseriusan kita untuk menanggulanginya.

Baca Juga :  Danramil Jelai Hulu Kodim 1203 Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Ia menambahkan, semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan/pejuang di bumi Kalimantan Barat seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong dan sebagainya, sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pendahulu, hendaknya dapat menggugah hati generasi penerus untuk berjuang bersama melawan berbagai persoalan, dengan mengutamakan asas persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya yakin dan percaya, apabila seluruh elemen bangsa memiliki kesadaran untuk mengamalkan semangat persatuan dan kesatuan nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, maka semangat patriotisme dan nasionalisme akan tumbuh kuat dengan sendirinya, dan tidak akan mudah terprovokasi,” ujarnya.

Untuk itu, dengan Hari Berkabung Daerah Tahun 2024 ini, ia mengajak untuk merapatkan barisan, berjuang membangun negeri demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat, dan bersama- sama merupakan bangsa Indonesia sebagai bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain di dunia, serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga. (Adi LC)

Comment