Sekda Ketapang Alexander Wilyo Wakili Kalimantan Ikuti PKN 1 LAN RI 

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menjadi satu-satunya perwakilan dari pulau Kalimantan yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat 1 Angkatan LVIII (58) Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) Tahun 2023 di Gedung Graha Makarti Bhakti Nagari, Kompleks Lembaga Administrasi Negara RI, Pejompongan, Jakarta Pusat, Senin (24/07/2023).

Kepada media, Alexander mengaku senang bisa terpilih menjadi peserta PKN 1 Angkatan 58 Tahun 2023 ini. Sebab diakuinya, untuk menjadi peserta PKN 1 ini haruslah melalui tahapan seleksi, mengikuti berbagai tes dengan menggunakan sistem gugur. Artinya, ketika calon peserta gagal di salah satu tes, maka secara otomatis calon peserta tersebut gugur. Adapun dirinya, telah berhasil melalui seluruh rangkaian tes yang diselenggarakan pada bulan Januari lalu itu.

“Tahapan tes mulai dari seleksi tahapan administrasi, tes substansi pelatihan, tes bahasa inggris melalui computer asissted test (CAT-red), psikotes hingga tes wawancara, dalam tahapan tes tersebut digunakan sistem gugur, jadi peserta tidak lulus tahapan tes otomatis tidak bisa mengikuti tes selanjutnya, dari total peserta sekitar 150 se-Indonesia, setengahnya gugur dalam tahapan tes,” kata Alexander usai pembukaan PKN Tingkat 1.

Baca Juga :  Sekda Minta Dinas Terkait dan Perusahaan Segera Perbaiki Titik Terparah Ruas Jalan Pelang-Batu Tajam

“Puji tuhan kita bisa dinyakan lulus dan diterima menjadi peserta PKN 1, untuk se-Kalimantan hanya saya yang menjadi peserta,” sambungnya.

Alexander mengaku, dalam upacara pembukaan PKN 1 angkatan 58 yang dilaksanakan di Gedung Graha Makarti Bhakti Nagari, Kompleks Lembaga Administrasi Negara RI, Pejompongan, Jakarta tersebut diikuti oleh 30 orang peserta dari berbagai profesi dan jabatan.

“Pesertanya dari berbagai profesi, dari Mabes Polri ada 7 orang, BIN 2 orang, kementrian atau lembaga negara 15 orang, Kejagung 1 orang dan dari pemerintah daerah ada 5 orang,” terang Alexander.

Ia menambahkan, keikutsertaan dirinya dalam tes hingga menjadi peserta PKN 1 merupakan ikhtiar untuk mewujudkan kemajuan bagi Kabupaten Ketapang yang  tentunya perlu didukung dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang profesional, kompeten, handal dan mumpuni.

Baca Juga :  Kapolri Cabut Maklumat Larangan Berkerumun

“Satu diantaranya melalui pelatihan-pelatihan kepemimpinan, dan apa yang nantinya didapat selama PKN mulai dari pelajaran, pengetahuan hingga pengalaman tentu bisa diaplikasikan di Ketapang,” akunya.

Sekda melanjutkan, kalau dirinya akan mengikuti PKN selama beberapa bulan ke depan dimulai dari  24 Juli hingga 6 Desember mendatang dengan metode pembelajaran secara Blended Learning atau metode belajar yang memadukan jalur pelatihan klasikal dengan non klasikal.

“Ada dua metode pelatihan, pertama klasikal pelatihan secara langsung di kampus ASN Corporate University LAN Jakarta dan non klasikal secara e learning atau vicon dan self learning atau belajar mandiri,” terangnya.

Alexanderbl juga menjelaskan, PKN tingkat 1 merupakan pelatihan kepemimpinan tertinggi bagi para pejabat struktural ASN di Indonesia, khususnya bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama/JPT eselon II yang dipersiapkan untuk menduduki JPT Madya atau Jabatan Struktural Eselon I yang merupakan jabatan puncak bagi seorang ASN di Indonesia. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment