Sekda Ketapang Resmikan Gereja Stasi St Ambrosius Sukaria dan Paroki St Stefanus Kendawangan

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo meresmikan Gereja Stasi St Ambrosius Sukaria dan Paroki St Stefanus Kendawangan, pada Jumat (14/07/2023).

Rangkaian kegiatan peresmian Gereja St Ambrosius Sukaria Kendawangan ini diawali acara penyambutan Sekda Ketapang dan Uskup Keuskupan Ketapang, Mgr Pius Riana Prapdi beserta rombongan. Prosesi penyambutannya terdiri dari ritual pancung bambu dan tampung tawar di pintu gerbang gereja.

Usai itu, dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Sekda dan Uskup Ketapang, dilanjutkan prosesi pembukaan kunci gereja oleh Mgr Pius. Setelah itu dilanjutkan dengan misa pemberkatan gereja yang dipimpin langsung oleh Mgr Pius, Uskup Ketapang, didampingi 9 orang imam keuskupan ketapang.

Dalam misa itu, Uskup Ketapang, antara lain memberkati altar, salib, patung St Maria dan St Yosep dan mimbar.

Baca Juga :  Bupati Ketapang Buka Pekan Budaya Madura IKBM Tahun 2023

Sekda Ketapang dalam kesempatan tersebut turut bergembira dan bersuka ria karena impian umat Stasi Ambrosius untuk memiliki gereja yang representatif sudah terwujud.

“Pembangunan Gereja Stasi Ambrosius ini berawal dari diskusi ringan dengan Pastor Paroki dan para tokoh umat Stasi St Ambrosius Sukaria,” kata Alexander.

Sekda berharap, dengan ditahbiskannya Gereja Stasi Ambrosius ini bisa memberi semangat bagi umat di Sukaria dan iman umat semakin kuat, sehingga umat pun semakin rajin sembahyang.

“Hari ini gereja penuh. Mudah-mudahan, hari Minggu nanti penuh juga,” ujarnya.

Lebih lanjut, sekda mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ketapang hanya bisa membantu membangun gedung semampunya saja.

“Tetapi kalau membantu untuk membangun iman umat, mohon maaf, pemerintah daerah belum mampu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Alexander meminta agar hubungan baik antara pemerintah dan gereja harus tetap dijaga, begitu juga hubungan antara gereja dan umat-umat lain, supaya Ketapang  menjadi daerah yang harmonis, aman, damai dan kondusif untuk membangun dengan baik.

Baca Juga :  Sekda Alexander Pimpin Ratusan ASN Laksanakan Aksi Gotong Royong di Ketapang

Terkait belum adanya kantor paroki di Sukaria, Alexander pun berkeinginan untuk membantu pembangunannya.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Sekda Ketapang mengucapkan selamat atas diresmikannya Gereja Stasi St Ambrosius.

“Semoga gereja ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan semoga dapat memperkuat iman umat, membuat umat makin rajin ke gereja. Jangan malah jadi malas, harus rajin penuhilah gereja ini,” ujarnya.

Peresmian Gereja Stasi St Ambrosius Sukaria ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Sekda dan Uskup Ketapang. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment