Pemkab Ketapang Akan Gelontorkan Rp 57 Miliar Untuk Perbaikan Jalan Pelang – Batu Tajam

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang kembali akan mengucurkan dana untuk perbaikan sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah.

Rencana itu terungkap saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan jalan Pelang – Kepuluk – Batu Tajam yang berlangsung di kantor Bupati Ketapang, Selasa, (27/02/2024).

Sekda mengatakan, kalau alokasi dana yang dianggarkan untuk penanganan ruas jalan Pelang – Kepuluk sebesar Rp 19,5 miliar, dengan panjang penanganan 3,3 kilometer bersumber dari APBD Kabupaten Ketapang Tahun Anggaran 2024 pada Dinas PUTR melalui program DAK Jalan, yang saat ini masih dalam proses lelang.

Sedangkan untuk penanganan ruas jalan Kepuluk – Batu Tajam, sepanjang 11,6 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp 37,5 miliar, juga bersumber dari APBD Kabupaten Ketapang Tahun Anggaran 2024 pada Dinas PUTR melalui program Dana Bantuan Hasil (DBH) Sawit, yang pada saat ini masih dalam tahap proses lelang dan diperkirakan setelah Idul Fitri 1445 H pengerjaannya sudah bisa dimulai.

Baca Juga :  Sekda Sebut Coaching Clinic Dapat Jadi Penggerak Awal Tingkatkan Inovasi Daerah

“Untuk ruas jalan Tumbang Titi – Tanjung, kewenangannya berada di tingkat provinsi, dan mungkin masih dalam proses lelang. Pemda Ketapang pun akan mengirim surat kepada gubernur terkait kondisi titik-titik jalan yang mengalami kerusakan di sepanjang ruas jalan tersebut,” ujar Alexander.

Oleh karenanya, dirinya pun mengajak semua pihak bersepakat untuk berkolaborasi, bersinergi, bergotong-royong dalam penanganan ruas jalan tersebut, sambil menunggu proses lelang selesai.

Baca Juga :  Pimpin Apel Pagi di RSUD Agoesdjam, Sekda Ingatkan Utamakan Pelayanan kepada Masyarakat

“Secara teknis saya telah menunjuk Camat MHS, Camat Sungai Melayu, Camat Tumbang Titi, Camat Jelai Hulu sebagai koordinator lapangan. Selanjutnya, mereka akan mengadakan rapat teknis di lapangan, kemudian langsung mulai action melakukan perbaikan di titik-titik yang mengalami kerusakan,” jelas Alexander.

“Kendala penanganan jalan saat ini hanya masalah kondisi cuaca, dan pemda sendiri tidak tinggal diam melihat kondisi tersebut,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Ketapang, Kadis PUTR dan OPD terkait, Camat Jelai Hulu, Camat Tumbang Titi, Camat Sungai Melayu Raya, Camat Matan Hilir Selatan serta beberapa pimpinan perusahaan. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment