2024 Ini, Kapuas Hulu Dapat Kucuran Anggaran Untuk Infrastruktur Jalan Rp 89,4 M

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyatakan, bahwa pada tahun 2024 ini kabupaten itu mendapat kucuran alokasi anggaran DAK fisik bidang Infrastruktur jalan sebesar Rp 89,4 miliar.

Dana sebesar itu akan digunakan untuk penanganan lima ruas jalan, diantaranya jalan Semangut Segitak (Kelibang) Kecamatan Bunut Hulu, jalan Tepuai – Nanga Taman di Kecamatan Hulu Gurung dan Kecamatan Boyan Tanjung.

Kemudian jalan Nanga Lidi – Kerangan Panjang di Kecamatan Hulu Gurung dan Kecamatan Pengkadan, jalan Simpang Senara – Simpang Sekubah di Kecamatan Hulu Gurung dan Kecamatan Jongkong, dan jalan Mataso – Ulak di Pauk Kecamatan Embaloh Hulu.

Demikian hal itu disampaikan Fransiskus Diaan saat meresmikan ruas jalan Tanjung Lasa Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (27/02/2024).

2024 Ini, Kapuas Hulu Dapat Kucuran Anggaran Untuk Infrastruktur Jalan Rp 89,4 M 2 Fransiskus mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur harus dipandang sebagai fondasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan aksesibilitas dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Studi demi studi telah menunjukan, bahwa infrastruktur yang baik menjadi kunci untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Fransiskus.

Baca Juga :  Danrem 121 Abw Kunjungi Kapuas Hulu

“Ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang baik merupakan pendukung pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sosial masyarakat, salah satu yang penting bagi masyarakat yaitu tersedianya jalan dan jembatan yang baik,” sambungnya.

Fransiskus menyatakan, Kapuas Hulu memiliki jalan kabupaten sepanjang total 1.106,148 Km yang terdiri dari 146 ruas jalan, dan jalan desa dengan total panjang 878,979 Km terdiri dari 124 ruas jalan.

“146 ruas jalan dengan tingkat kemantapan jalan baru mencapai 68,08 persen, sedangkan untuk jalan desa sepanjang 878,979 KM yang terdiri dari 124 ruas jalan dengan tingkat kemantapan baru mencapai 30,21 persen,” katanya.

2024 Ini, Kapuas Hulu Dapat Kucuran Anggaran Untuk Infrastruktur Jalan Rp 89,4 M 3 “Sehingga sangat diperlukan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar dan pemerintah pusat untuk penanganan jalan dan jembatan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Fransiskus juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalbar yang telah mengalokasikan dana bantuan ke Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2023 untuk penanganan jalan sebesar Rp 48 miliar. Di mana dana bantuan tersebut dialokasikan untuk peningkatan empat ruas jalan Kabupaten, antara lain peningkatan ruas jalan simpang Senara – Simpang Sekubah Kecamatan Hulu Gurung dan Kecamatan Jongkong Rp 20 miliar.

Baca Juga :  Anwar Sanusi Serahkan Formulir Pendaftaran Sebagai Calon Ketum KONI Kapuas Hulu 2023 - 2027

Kemudian peningkatan ruas jalan Menendang – Nanga Temenang Kecamatan Pengkadan dan Kecamatan Jongkong sebesar Rp 10 miliar, peningkatan ruas jalan Sibau Hulu – Nanga Potan Kecamatan Putussibau Utara sebesar Rp 16 miliar, peningkatan ruas jalan Kedamin – Manday Kecamatan Putussibau Selatan dan Kecamatan Bika sebesar Rp 2 miliar.

“Ruas jalan Sibau Hulu – Nanga Potan Kecamatan Putussibau Utara merupakan akses menuju Desa Tanjung Lasa dengan panjang jalan 13,490 Km dengan penanganan berupa pekerjaan rigid beton dengan panjang 2,232 KM,” kata Fransiskus.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Nasli, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan pejabat mewakili Kajari, Kepala Dinas PUPR, Martin beserta sejumlah kepala OPD dan Camat Putussibau Utara. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment