Bupati Kapuas Hulu Ikuti Prosesi Upacara Pamindara Bukit Bai Sampe

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengikuti prosesi upacara Pamindara Pataunan Bukit Bai Sampe di Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Kamis (18/01/2024) pagi.

Bupati Kapuas Hulu menegaskan, bahwa Bukit Bai Sampe dan Betang Lunsa Hilir dapat menjadi satu paket wisata yang menarik.

“Terkait Pamindara Pataunan Bukit Bai Sampe ini menarik sekali. Saya berharap tempat ini dijaga dan dilestarikan. Ini bisa jadi objek wisata, sepaket dengan betang Lunsa Hilir,” ucapnya.

Baca Juga :  Polres Kapuas Hulu Berhasil Ungkap Tiga Kasus Curanmor

Bupati Sis menjelaskan, bahwa untuk membuat pariwisata lebih baik, diperlukan dukungan masyarakat. Terutama para penghuni betang, mereka harus membangun mindset yang membuka diri untuk wisatawan.

Prosesi Upacara Pamindara Bukit Bai Sampe. (Foto: Ishaq)
Prosesi Upacara Pamindara Bukit Bai Sampe. (Foto: Ishaq)

“Kemudian mengemas budaya yang ada, kerajinan yang ada untuk dijual kepada pengunjung,” tuturnya.

Baca Juga :  Hasil Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kapuas Hulu, M Agil Fadillah Taklukan Dion Nugroho

Kades Urang Unsa, Thomas juga mengatakan bahwa Pamindara Pataunan Bukit Bai Sampe merupakan wujud ucapan terima kasih kepada Eyang Suka atau Allah Tala.

“Sebelum adanya agama, masyarakat menyembah suci, dengan cara pemberian sesajen atau pamindara. Dengan harapan masyarakat dapat kebaikan dijauhkan dari sakit,” pungkasnya. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment