Hasil Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kapuas Hulu, M Agil Fadillah Taklukan Dion Nugroho

KalbarOnline, Putussibau – Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kapuas Hulu yang diselenggarakan Warong Kopi Biliar (Warkobil) bekerja sama dengan Pengkab POBSI Kapuas Hulu usai dilaksanakan, pada Minggu (08/10/2023).

Kejuaraan yang dimulai pada Sabtu (07/10/2023) ini sebelumnya dibuka secara resmi oleh Ketum KONI Kabupaten Kapuas Hulu, Anwar Sanusi.

Setelah melewati babak penyisihan hingga babak semifinal dan babak final, kejuaraan ini akhirnya menempatkan 4 orang sebagai juaranya.

Pada babak final memperebutkan juara 3 dan juara 4, mempertemukan dua bersaudara yaitu Farhan pelajar MTS Ma’arif Putussibau dengan M Fadil pelajar SMA I Putussibau. Hasilnya, kemenangan berpihak kepada Farhan yang mampu mengalahkan M Fadil dengan dengan skor 5-1.

Sementara pada perebutan juara 1 dan juara 2, mempertemukan M Agil Fadillah mahasiswa Polnep Kapuas Hulu dengan Dion Nugroho pelajar SMA II Putussibau. Hasilnya, M Agil Fadillah mampu menaklukkan Dion Nugroho dengan skor 5 -2.

Pengurus KONI, Ketua POBSI dan Panitia Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kapuas Hulu foto bersama dengan para juara. (Foto: Haq)
Pengurus KONI, Ketua POBSI dan Panitia Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kapuas Hulu foto bersama dengan para juara. (Foto: Haq)

Ishak: Serius Cetak Atlet Andal

Setelah menyerahkan trofi kepada juara 1, Sekretaris Umum KONI Kabupaten Kapuas Hulu, Buhari Muslim yang hadir didampingi Sumadi selaku Bendahara KONI Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan selamat kepada para juara.

“Tentunya KONI Kabupaten Kapuas Hulu memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kapuas Hulu bekerjasama dengan Pengkab POBSI Kapuas Hulu, dalam rangka penjaringan atlet-atlet muda berbakat, guna persiapan menghadapi berbagai kejuaraan, open tournament dan Kejurprov nantinya,” kata Buhari Muslim.

Baca Juga :  Wahyudi Hidayat Buka Gawai Dayak Kantuk ke-12 di Rumah Adat Patih Muandang

Buhari menili, bahwa olahraga bisa membentuk kreativitas dan inovasi generasi muda yang merupakan bagian dari aset daerah dan aset bangsa. Para pemuda disampaikannya harus terus dibina, dilatih dan diberikan support, baik secara fisik, mental, teknik maupun anggaran.

*KONI sangat mendukung setiap kejuaraan olahraga di Kapuas Hulu,” terangnya.

Buhari turut berharap, dari cabang olahraga biliar, POBSI Kapuas Hulu mampu melahirkan atlet-atlet profesional, baik putra maupun putri, yang dipersiapkan untuk Porprov ke XIV tahun 2026 yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Pengkab POBSI Kapuas Hulu, M Ishak Buntarman juga menyampaikan selamat untuk para pelajar dan mahasiswa yang telah meraih juara pada kejuaraan biliar ini.

“Teruslah giat berlatih dengan semangat,” pesannya.

Ishak menyampaikan, dengan melihat hasil dari berbagai kejuaraan biliar yang dilaksanakan, termasuk di warung Warkobil kali ini, ia optimis akan semakin banyak lahir potensi atlet biliar baru di  Kabupaten Kapuas Hulu yang mempunyai talenta dengan memiliki bakat yang cukup baik.

Baca Juga :  Wahyudi Hidayat dan Lasarus Panen Raya Ikan Konsumsi di Danau Keliling

“Namun tentunya kami dari POBSI akan melatih, mengasah, menyeleksi kembali kemampuan para atlet biliar lagi, baik dari skil, mental sampai pada teknis, dan tidak terlepas pula dukungan anggaran dari KONI Kabupaten Kapuas Hulu,” ucapnya.

Ishak menyampaikan, untuk benar-benar siap bertanding di kejuaraan di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, seorang atlet harus terlebih dahulu memiliki mental dan jam terbang dalam bertanding.

“Hal ini juga menjadi perhatian kami dari POBSI Kapuas Hulu. Jika mental atlet saat bertanding kendor, maka akan berdampak pada atlet itu sendiri. Karena tidak lama lagi Pengprov POBSI Kalimantan Barat akan melaksanakan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Biliar se-Kalimantan Barat,” ungkap Ishak.

Berikut ini hasil Kejuaraan Biliar Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2023:

Juara 1, M Agil Fadillah mahasiswa Polnep Kapuas Hulu. 

Juara 2, Dion Nugroho SMA II Putussibau.

Juara 3, Farhan MTS Maarif Putussibau.

Juara 4, M Fadil SMA I Putussibau.

Juara 1 berhasil membawa trofi, piagam serta uang pembinaan. Sementara juara 2, 3 dan 4 mendapatkan piagam serta uang pembinaan dari panitia penyelenggara. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment