Tim Itwasda Polda Kalbar Laksanakan Audit Kinerja Tahap I di Polres Kapuas Hulu 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polres Kapuas Hulu menerima kunjungan dari Tim 1 Itwasda Polda Kalbar yang dipimpin oleh AKM 2 Itwasda Polda Kalbar, Kombes Pol Eddy S Tarigan yang juga selaku Pengawas Tim 1, Senin (10/04/2023).

Kedatangan Tim 1 Itwasda Polda Kalbar itu disambut langsung oleh Kapolres Kapuas Hulu, AKBP France Yohanes Siregar dengan didampingi Pejabat Utama Polres Kapuas Hulu.

Kehadiran Tim 1 Itwasda Polda Kalbar sendiri bertujuan untuk melaksanakan Audit Tahap 1 Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian Tahun Anggaran 2023 di Mapolres Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu yang membuka kegiatan audit kinerja tahap 1 tersebut mengucapkan selamat datang kepada tim pengawas sekaligus menyampaikan permohonan maaf, apabila dalam penyambutan atau pelayanan selama kegiatan audit banyak kekurangan dan kekhilafan.

Kapolres France berpesan, agar seluruh peserta yang menjadi objek pemeriksaan dan pengawasan mengikuti kegiatan ini dengan serius, jangan jadikan kegiatan ini sebagai beban dan jika ada permasalahan agar dikoordinasikan dengan baik.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Ajak GOW Kapuas Hulu Sinergi Bantu Pemerintah Layani Masyarakat

“Dengan adanya kegiatan Audit Kinerja tahap 1 ini kami merasa bersyukur, karena sebagai koreksi, konsultasi, mungkin ada teguran yang harus diperbaiki dan pada saat kegiatan audit berikutnya sudah pasti akan lebih baik,” katanya.

Karena kegiatan Audit Kinerja merupakan kegiatan rutin yang sudah diatur dengan Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Audit Kinerja dan audit dengan tujuan tertentu, yang mana kegiatan audit kinerja tahap II ini merupakan tindak lanjut dari audit kinerja sebelumnya.

Dalam sambutannya, AKM 2 Itwasda Polda Kalbar menyampaikan, bahwa audit kinerja ini sebagai sarana kontrol Polda Kalbar, baik itu sebagai pengendalian dalam bidang keuangan dan pengadaan barang dan jasa, tata kelola pencapaian, khususnya pelaksanaan tugas kita di tahun 2023 ini.

“Kegiatan audit kinerja ini meliputi empat aspek, yaitu bidang operasional, bidang logistik, bidang sdm, dan bidang garku. Tim audit akan memeriksa dan mengevaluasi kinerja Polres Kapuas Hulu dalam aspek-aspek tersebut,” terang Kombes Pol Eddy.

Baca Juga :  Antisipasi Tahanan Kabur dan Sakit, Wakapolres Kapuas Hulu bersama Kasi Propam Cek Ruang Tahanan

Selanjutnya ia menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan kinerja kepolisian, dan bukan dimaksudkan untuk mencari-cari kesalahan dari objek pemeriksaan.

“Melainkan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana masing-masing sub Satker telah bekerja melaksanakan program yang dirancang dengan mengedepankan efisiensi dan efektivitas waktu dan sumber daya yang tersedia guna mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan,” terangnya.

“Kami juga akan memeriksa kesiapan Polres Kapuas Hulu kedepan dalam menghadapi pemilu 2024, kami akan mengecek administrasinya dan kesiapan operasional pendukung seperti kendaraan dinas,” tutur Kombes Pol Eddy menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut, mulai dari  Bag, Sat, Si dan polsek jajaran dilakukan pemeriksaan oleh tim, seperti laporan pertanggungjawaban keuangan (perwabkeu), laporan hasil kegiatan, maupun dalam hal yang berkaitan dengan  pelaksanaan tugas, barang dinas dan lain-lain. Untuk pendalaman atau pemeriksaan dilanjutkan pada hari Selasa tanggal 11 April 2023. (Ishaq)

Comment